View Full Version
Sabtu, 24 Aug 2019

Anies Baswedan Bawa Jakarta Raih Penghargaan Internasional Pertama yang Diraih Kota Asia Tenggara

JAKARTA (voa-islam.com)—Gubernur Anies Baswedan sukses membawa Jakarta meraih dianugerahi penghargaan Geo Innovation Award pada ESRI (Environmental Systems Research Institute) Indonesia User Conference 2019.

Penghargaan ini merupakan pertama kali diraih kota di Indonesia bahkan Asia Tenggara. “Ini merupakan yang pertama di Indonesia untuk industri geospasial dan bertujuan untuk menampilkan inovasi geospasial yang menginspirasi. DKI Jakarta menjadi kota pertama dan yang terbesar di Asia Tenggara yang membuka akses publik data spasial dasar untuk masyarakat luas, selama ini baru kota-kota di Amerika, Eropa dan Timur Tengah yang melakukannya,” jelas Anies dalam keterangannya di Fanpage Facebook miliknya, Jumat (23/8/2019).

Menurut Anies, DKI Jakarta dinilai berhasil melalui kebijakan open data berbasis geospasial, Jakarta Satu. Melalui #JakartaSatu, ribuan data spasial mengenai pajak, tata ruang, pertanahan, aset Pemprov, dan perizinan dikumpulkan untuk menjadi dasar pengambilan kebijakan.

“Mr. Jack Dangermond, Presiden dan Founder ESRI menyerahkan langsung penghargaan tersebut kemarin, sesudahnya kami berdiskusi mengenai pengembangan one map, one data, one policy dalam membantu memecahkan berbagai tantangan di Jakarta,” urainya.

“Penghargaan ini adalah penanda inovasi dan kolaborasi 42 SKPD di Pemprov DKI yang telah berbagi pakai data. InsyaAllah makin memantapkan kerja bersama kita di DKI Jakarta,” lanjut Anies.* [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version