View Full Version
Jum'at, 18 Oct 2019

Pengamat: Jokowi Harus Buktikan kepada Publik Soal Pilihan Menteri

BANDUNG (voa-islam.com) - Presiden yang sudah ditetapkan KPU Jokowi-Ma'ruf Amin dijadwalkan akan  dilantik pada Minggu, 20 Oktober 2019. Penungumuman kabinet pun segera dilakukan.

Pengamat komunikasi politik Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB), Roni Tabroni, mengatakan, tim Kabinet Kerja II idealnya diisi figur-figur yang tak hanya kuat, tapi juga memiliki kualitas yang hebat.

"Di antara parameternya adalah prestasi seseorang pada bidang yang ditanganinya. Presiden Jokowi harus membuktikan kepada publik bahwa dirinya tetap berada pada track-nya sebagai pemimpin yang teguh pada pendiriannya tidak terkooptasi oleh kekuatan parpol yang terus merapat," ujar Roni, Kamis (17/10). 

Roni berharap, Jokowi bisa membuktikan kepada publik bahwa prestasi yang telah ditorehkan pada periode awal akan dilanjutkan di periode kedua. Yaitu dengan memosisikan orang-orang berprestasi menjadi tim yang solid di jajaran kabinetnya. 

"Langkah ini juga penting untuk menjawab kehawatiran publik bahwa di periode kedua Jokowi, jajaran kabinet hanya akan menjadi rebutan partai politik. Karena Jokowi tidak ada kesempatan kembali di periode depan," ungkapnya seperti dikutip dilansir rmol.co.id. 

Menurut dia, Kabinet Kerja II idealnya adalah kabinet meritokrasi.

"Banyak sekali anak bangsa berkualitas dan ahli di bidangnya yang dapat diajak untuk memperkuat kabinet Jokowi," kata penulis buku Komunikasi Politik Soekarno itu.

Keberadaan para profesional dan ahli di kabinet, lanjut dia, akan memberikan citra positif pada kepemimpinan Jokowi. Jokowi akan dikenang sebagai pihak yang komitmen terhadap kinerja ketimbang kompromi politik semata. [syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version