View Full Version
Sabtu, 04 Apr 2020

Luhut Sebut Corona Tak Kuat Cuaca Indonesia, Jansen Sitindaon: Pernyataan Berbahaya

JAKARTA (voa-islam.com)—Politisi Partai Demokrat Jansen Sitindaon menanggapi pernyataan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang mengatakan virus corona covid-19 tidak kuat dengan cuaca panas di Indonesia.

Menurut Jansen, pernyataan ini berbahaya jika keluar dari mulut pemerintah. “Bahaya sekali sebenarnya jika dari mulut pemerintah sudah keluar pernyataan "corona tidak kuat di cuaca Indonesia",” ujar Jansen pada akun twitternya @jansen_jsp, Sabtu (4/4/2020).

Jansen menilai, jika pemikiran tersebut menguat di tubuh pemerintah, maka ini dapat menyebabkan kebijakan atau tindakan pencegahan corona dilakukan seadanya.

“Bisa dibayangkan jika pikiran ini yang menguat dibenak Presiden dan Kabinet? Tindakan yang diambil akan seadanya saja, sedang yang mati dan positif tiap hari terus bertambah,” ungkap Jansen.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan COVID-19 alias Corona tak cocok hidup di cuaca Indonesia. Luhut menyebut Corona tak kuat hidup di cuaca panas.

"Dari hasil modelling kita yang ada, cuaca Indonesia, ekuator ini yang panas dan juga humidity tinggi itu untuk COVID-19 ini nggak kuat," ujar Luhut saat melakukan rapat koordinasi yang disiarkan lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/4/2020).

Pernyataan Luhut ini dibantah oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih mengingatkan bahwa virus corona tumbuh subur dan bersemayam di tenggorokan manusia. 

Sekali pun cuaca di Indonesia cukup panas, hal itu tidak serta merta dapat membunuh virus tersebut. "Dengan cuaca panas, virus yang di tenggorokan tidak akan mati," kata Daeng kepada Kompas.com, Jumat (3/4). * [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version