View Full Version
Selasa, 26 May 2020

Heran Habib Bahar Digunduli, Politisi Gerindra Akan Cecar Menkumham Yasonna

JAKARTA (voa-islam.com)—Di media sosial viral video Habib Bahar bin Smith yang telah dipotong rambutnya sesaat dipindahkan ke Lapas Nusakambangan.

Di video tersebut, Habib Bahar menjelaskan alasan mengapa memotong rambutnya. "Masalah rambut, sesuai dengan SOP yang ada di Nusakambangan ini bahwasanya setiap warga binaan yang baru dipotong rambutnya," ujar Habib Bahar.

Politisi Partai Gerindra Habiburokhman menanggapi hal ini. Anggota Komisi III DPR RI ini meminta Ditjen Pemasyarakatan menjelaskan soal pemotongan rambut Habib Bahar.

“Setahu saya tidak ada aturan hukumnya, kalaupun ada protap harus jelas dasarnya. Lagipula apa relevansinya dengan pembinaan atau keamanan? Raker berikut saya akan tanya ke Menkumham,” kata Habiburokhman seperti dikutip Voa Islam pada akun Twitternya, @habiburokhman, Selasa (26/5/2020).

Menurut Habiburokhman, penggundulan narapidana mengingatkan ia pada masa zaman dulu. “Waktu konsepnya pemenjaraan, napi digunduli untuk dipermalukan. Saat ini konsep kita pemasyarakakan, Ditjen Pas harus paham itu,” jelas dia.

“Gua pernah ditahan waktu Mahasiswa. Zaman orba saja tapol masih dihormati, tidak digunduli seperti kebanyakan tahanan kriminal. Kenapa Habib Bahar digunduli?” tambah Habiburokhman.* [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version