View Full Version
Senin, 17 Aug 2020

Sekolah Jadi Kluster Baru Covid-19, Legislator: Stop Pembelajaran Tatap Muka

JAKARTA (voa-islam.com)--Di-izinkannya belajar tatap muka bagi sekolah di zona hijau menjadikan lembaga pendidikan sebagai kluster baru. Ketua Tim Covid-19 Fraksi PKS DPR RI, Netty Prasetiyani Aher meminta Pemerintah menarik kebijakan tersebut.

“Hentikan pembelajaran tatap muka hingga keadaan benar-benar aman berdasarkan evaluasi komprehensif. Pemerintah jangan bereksperimen dalam penanganan Covid-19. Taruhannya sangat mahal,” katanya dalam keterangan media, Sabtu (15/08/2020).

Netty menyarankan agar Pemerintah mengambil pelajaran dari Vietnam, Selandia Baru dan Korsel yang kembali menutup sekolah setelah kurva Covid-19 makin meningkat.

“Bukan hanya pusat perbelanjaan dan area publik, sekolah dan pesantren harus menjadi perhatian utama dalam proses pencegahan dan transmisi virus,” ungkapnya.

Terkait tantangan memenuhi kompetensi siswa dalam pendidikan jarak jauh, politisi PKS ini menawarkan solusi.

“Pemerintah perlu menetapkan kurikulum darurat yang mengakomodir keragaman kondisi sarana prasarana pendidikan jarak jauh di setiap wilayah. Perlu juga dipikirkan adanya stimulus berupa perangkat pendidikan jarak jauh bagi daerah dan masyarakat yang membutuhkan, serta stimulus program pendampingan belajar siswa berbasis masyarakat,” paparnya.

Netty berharap pemerintah dapat melihatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan proses pendidikan selama pandemi.

“Bagus kan jika menjadi gerakan bersama masyarakat. Ini tanggung jawab negara dan seluruh elemen bangsa untuk masa depan generasi kita,” tandasnya.* [Ril/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version