View Full Version
Jum'at, 04 Mar 2022

Waketum Persis: Pemilu Tepat Waktu Akan Ciptakan Kemaslahatan untuk Bangsa

JAKARTA (voa-islam.com) - Wacana penundaan Pemilu kembali mencuat ke publik. Walaupun memang pemilu menjadi domain para penyelenggara negara dan para politisi.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum PP PERSIS Dr. Jeje Zaenudin memandang hal wajar jika Organisasi Masyarakat (Ormas) merespon wacana tersebut.

“Karena pemilu terkait dengan hak politik seluruh warga Indonesia,” kata Dr. Jeje dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/03) kepada voa-islam.com. 

Sebagai ormas kita tentu memahami kesulitan finansial yang dihadapi oleh Pemerintah untuk menyelenggarakan Pemilu serentak dengan biaya yang sangat besar setelah ditimpa pandemi covid-19 lebih dari dua tahun ini.

Namun, ia berpendapat bahwa mengatasi kesulitan penyediaan anggaran Pemilu resikonya bisa lebih kecil jika dibanding dengan resiko dan bahaya jika Pemilu ditunda.

“Sebagaimana dikemukakan para pakar hukum tata negara, bahwa penundaan Pemilu dapat menimbulkan chaos karena hilangnya legitimasi pemerintah,” ucap Dr. Jeje.

Bahkan penundaan Pemilu bisa berdampak lebih jauh lagi, bisa terjadi pembangkangan rakyat karena menganggap pemerintah sudah tidak sah.

Ia menyarankan, jika kekurangan anggaran Pemilu dapat diatasi umpamanya dengan membatasi anggaran pembangunan inprastruktur dan anggaran pembangunan lainnya.

“Sedang resiko kemungkinan terjadinya kekacauan sosial sangat mahal untuk dibayar,” paparnya.

Oleh sebab itu, lebih baik dan bijak mempertimbangkan resiko yang lebih besar dari penundaan Pemilu itu.

“Sehingga dengan tetap menyelenggarakan Pemilu tepat waktu akan tercipta kemaslahatan umat dan bangsa sampai masa yang akan datang,” pungkas Wakil Ketua Umum PP PERSIS. [syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version