View Full Version
Kamis, 27 May 2010

2,5 Ton Sampah dan Lima Mayat Utuh Ditemukan di Mount Everest

REPUBLIKA.CO.ID,KATHMANDU--Bukan hanya berhasil mengumpulkan 2,5 ton sampah, tim Sherpa yang memulai aksi pembersihan di Mount Everest, menemukan lima mayat yang terkubur. Demikian koordinator proyek pembersihan gunung tertiggi di dunia.

Mayat tersebut ditemukan di zona "kematian" yang terletak pada ketinggian 8000 meter. Di antaranya adalah pemandu Scott Fisher, seorang korban topan dasyat tahun 1996. Di kejadian itu, Fisher bersama tujuh orang lainnya tewas pada ketinggian 8848 meter.

Sebuah kelompok terdiri dari 20 orang yang tinggal di gunung di Nepal, sejak akhir April lalu melakukan pembersihan di zona kematian. Dalam kurun waktu bertahun-tahun, banyak sekali sampah yang tertumpuk di Mount Everest.

Di samping itu, menurut persatuan olah raga naik gunung Nepal, sejak 1953 sudah ada 300 pendaki gunung yang tewas di zona kematian. Pada ketinggian 8000 meter di Mount Everest, mayat para pendaki tetap awet. Mayat jadi awet dan tetap tersimpan dengan baik karena suhu udara yang dingin seperti es.

Red: Krisman Purwoko
Sumber: radio netherland


latestnews

View Full Version