View Full Version
Selasa, 29 Jun 2010

Israel Protes Disamakan dengan NAZI

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO--Israel melancarkan protes kepada Mesir yang menayangkan film kartun yang menghubungkan negara Yahudi itu dengan Nazi. Film itu menggambarkan kapal bantuan kemanusiaan yang menuju Gaza kemudian ditangkap oleh gurita yang membawa bendera Israel dengan swastika Nazi menggantikan tempat simbol Bintang Daud.

Kedutaan Israel di Mesir telah mengirimkan keluhan kepada surat kabar yang dimiliki partai yang berkuasa di Mesir tentang kartun yang menghubungkan Israel dan Nazi. Al Watani al Youm (Nasional Hari Ini) menerbitkan kartun tersebut pada 15 Juni lalu.

Surat kabar mingguan ini dimiliki oleh juru bicara Presiden Husni Mubarak dari Partai Nasional Demokrat. "Kedutaan Israel memilih untuk mengomentari karikatur ini secara khusus karena kami dibandingkan dengan Nazisme," kata juru bicara Shani Zubida Cooper.

"Ada banyak komentar anti semit dan kami memilih untuk tidak mengomentari. Tapi yang satu ini merupakan pencemaran nama baik," ujarnya. Mereka menyebutkan penggunaan simbol swastika Nazi merupakan sebuah sebuah penghinaan terhadap kemanusiaan dan sama saja dengan pernyataan anti semit.

Mesir adalah satu-satunya negara Arab yang juga menerapkan pembatasan pada perbatasan dengan Gaza. Meskipun kini Mesir telah melonggarkan perbatasan Rafah yang berbatasan dengan Gaza.

Editor Mohamed el-Alfy membela pemuatan kartun itu pada editorial surat kabar tersebut dan mengatakan bahwa ini masalah kebebasan berekspresi. Mesir yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel masih mengadakan pertemuan-pertemuan antara pejabat negara. Namun pemerintah Mesir seringkali kritis terhadap kebijakan Israel.


Red: Krisman Purwoko
Rep: una
Sumber: reuters


latestnews

View Full Version