View Full Version
Kamis, 25 Aug 2011

Puding, Makanan Berkhasiat Obat Untuk Menu Berbuka Puasa

Puding, Makanan Berkhasiat Obat Untuk Menu Berbuka Puasa

Puding Selasih
REPUBLIKA.CO.ID -  Puding merupakan makanan sehat dan menyegarkan. Selain nikmat untuk menu berbuka puasa, puding ini ternyata juga baik untuk mengobati berbagai macam penyakit. Hal tersebut dikarenakan bahan utama Puding yang terbuat dari agar-agar dan Biji selasih.

Agar-agar yang merupakan salah satu bahan utama pudding terbuat dari rumput laut jenis gracilaria sp atau gelidium sp. Diolah dengan proses yang cukup panjang sampai menjadi serbuk agar-agar atau agar-agar batangan. Banyak penelitian menyatakan bahwa rumput laut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, beberapa diantaranya anti kanker,anti oksidan, mencegah kardiovaskura (penderita tekanan darah tinggi akibat hipertensi), dan sebagai makanan diet.

Selasih (Ocinum basilicum Linn) mempunyai khasiat menenangkan (sedative) sehingga dapat bermanfaat untuk mengurangi stress, susah tidur ataupun sering gugup. Selain itu juga dapat menambah nafsu makan, membantu pencernaan, menyehatkan jantung, mengobati batuk, menurunkan panas dalam, melancarkan sirkulasi darah, meredakan kejang (antispasmodic), peluruh keringat (diaforetic), menghilangkan rasa sakit (analgetic), peluruh kemih (diuretic), menurunkan demam (antipirotic), membersihkan racun dan meningkatkan sistem imun.

Berikut resep puding selasih:

Bahan 1:

1 bungkus nutrijel rasa jeruk
85 gr gula
1/2 sdt essent jeruk
1 sdm biji selasih yang sudah direndam dalam air (sebentar saja)
350 ml air
1/2 sdt garam

Bahan 2:

1 bungkkus agar2 rasa jeruk
85 gr gula
1/2 sdt essent jeruk
200 ml siruf (aku pake squest deligt ABC)
1 butir kuning telur
350 ml air
1/2 sdt garam

Cara membuat:

1. masak bahan 1 kecuali biji selasih, aduk terus sampai air mendidih.Setelah air mendidih tunggu sampai uap panas hilang kmdn masukkan biji selasih dan aduk kembali sampai rata.Tuang ke dalam cetakan
2. masak bahan 2 kecuali kuning telur, aduk sampai rata.Lalu kocok kuning telur pada mangkok dan ambil 2 sendok bahan 2 aduk bersama kuning telur lalu tuang kembali ke bahan 2 dan aduk sampai mendidih dan angkat.Tuang di atas bahan 1 setelah bahan satu setengan dingin
3. puding siap disajikan dengan fla jeruk


latestnews

View Full Version