View Full Version
Sabtu, 21 Jan 2017

Gelatin Halal dari Kulit Kambing Etawah untuk Pembuatan Cangkang Kapsul

Gelatin biasanya terbuat dari bagian tubuh babi. Itulah mengapa, tidak mudah mencari gelatin yang halal terutama untuk cangkang pembungkus obat. Permasalahan ini menjadi kepedulian serius bagi Zihadia, mahasiswi program doktoral Fakultas Farmasi Universitas Indonesia. Melalui segenap penelitian, ia menemukan bahwa kulit kambing jenis Etawah bisa menjadi sumber gelatin halal bagi pembuatan cangkang kapsul pembungkus obat.

Melalui disertasinya yang berjudul "Ekstraksi Gelatin dari Kulit Kambing Peranakan Etawah Menggunakan Metode Hidrolisis Asam dan Penggunaannya pada Pembuatan Cangkang Kapsul Keras", Zihadia dinyatakan resmi meraih gelar Doktor pada Kamis 12 Januari 2017 di Auditorium Gedung Farmasi UI, Depok.

Kambing peranakan Etawah dipilih karena bidang kulitnya lebih luas daripada kambing peranakan lainnya. Dari poin inilah, kambing tersebut potensial untuk dikembangkan di Indonesia karena merupakan bibit unggul.

...Permasalahan gelatin halal ini menjadi kepedulian serius bagi Zihadia, mahasiswi program doktoral Fakultas Farmasi Universitas Indonesia...

Setelah melalui serangkaian penelitian, Zihadia menyimpulkan bahwa gelatin kambing Etawah memenuhi syarat sebagai bahan dasar pembuatan cangkang kapsul keras maupun lunak pada obat. Kehalalan produk ini ternyata bisa juga digunakan untuk kosmetik dan makanan. Zihadia menggunakan metode hidrilisis asam untuk mengolah kulit kambing agar menjadi gelatin.

Metode tersebut dilakukan dengan cara merendam kulit kambing dengan larutan sodium sulfida dan kalsium hidroksida. Lebih lanjut, cangkang kapsul dari gelatin kambing ini telah diuji laboratorium melalui uji keseragaman bobot, keseragaman ukuran, kadar air kapsul, uji waktu hancur, uji kandungan sulfit kapsul, pengukuran pH, dan uji mikroba.

Semoga ke depan, umat Islam Indonesia tidak perlu lagi dirisaukan dengan isu gelatin haram dari bagian tubuh babi. Penelitian ini merupakan terobosan baru sebagai alternatif gelatin halal di berbagai industri farmasi. Selalu ada jalan keluar bagi topik halal haram terutama gelatin yang dijadikan bahan dasar cangkang pembungkus kapsul.

Masalahnya, ada kemauan atau tidak dari pihak terkait untuk mengembangkan penemuan ini. Semua jerih payah Zihadia  adalah demi menyediakan produk halal bagi masyarakat yang mayoritas Muslim di negeri ini. Wallahu alam. (riafariana/dbs/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Share this post..

latestnews

View Full Version