View Full Version
Selasa, 17 Oct 2017

Ilmuwan Kembangkan Lem Penutup Luka Tubuh

JAKARTA (voa-islam.com) - Sekelompok ilmuwan saat ini sedang mengembangkan lem yang berfungsi sebagai penutup luka di tubuh. Dengan lem ini, sobekan atau sayatan pada tubuh manusia bisa menutup tanpa perlu dijahit.

Dikutip dari laman Science Alert, jika percobaan ini berhasil maka hanya butuh waktu 60 detik untuk menutup luka yang menganga. Sejauh ini percobaan pada paru-paru babi dan hewan rodensia seperti tikus menunjukkan hasil yang menggembirakan. Dalam waktu dekat percobaan pada manusia akan segera menyusul.

Lem ini berbasis methacryloyl pengganti tropoelastin atau disingkat MeTro. MeTro adalah protein elastis dan bisa dioleskan pada luka dalam ataupun luar tubuh. Tim peneliti mengklaim jika MeTro bekerja dengan baik maka prosedur operasi dapat berjalan lebih singkat.

"Keajaiban MeTro terletak pada kemampuannya menyatu dengan jaringan tubuh.Cukup oleskan lem dan ia akan menyatu dengan jaringan tubuh untuk menutup luka," kata anggota tim ilmuwan, Nasim Annabi dari Northeastern University.

Menurut Anthony Weiss, anggota peneliti dari University of Sidney, kecepatan MeTro dalam menyembuhkan luka sangat bermanfaat dalam kondisi darurat.

"Pada keadaan kecelakaan atau di medan perang MeTro bisa diandalkan untuk mendukung kerja medis," ungkapnya. [rol/syahid/voa-islam.com]

Share this post..

latestnews

View Full Version