View Full Version
Rabu, 18 Apr 2018

NASA Luncurkan Satelit untuk Misi Berburu Planet Mirip Bumi

WASHINGTON (voa-islam.com) - NASA berencana mengirimkan mata yang tajam ke orbit untuk mencari eksoplanet baru, planet berbatu di luar tata surya kita dalam misi dua tahun senilai $ 337 juta. Rencana ini dianggap sebagai pencarian paling ambisius untuk mencari dunia alien yang pernah dilakukan.

Satelit Survei Satelit Transitlanet (disebut TESS untuk jangka pendek) dijadwalkan dibawa ke orbit yang lebih tinggi oleh roket Falcon 9 dari armada SpaceX, perusahaan kedirgantaraan AS, dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada 6: 32 malam EDT pada hari Senin lalu. Peluncurannya sendiri akan ditayangkan di NASA TV.

TESS berukuran sebesar lemari es tersebut akan tiba di jalur yang tidak pernah digunakan sebelumnya, sangat elips yang membawanya dekat dengan satelit alami Bumi, Bulan, sekitar dua bulan kemudian dan di sana TESS akan mulai menjelajahi lingkungan kosmik untuk mencari dunia seperti Bumi yang ada saat ini.

Pesawat ruang angkasa pemburu planet terbaru NASA ini telah dirancang sebagai penerus sebelumnya yang telah mengorbit selama dekade terakhir dan menemukan sebagian besar eksoplanet yang saat ini dikenal sains melalui metode Transit Photometry.

Namun, para astronom sekarang percaya bahwa galaksi Bima Sakti kita adalah rumah bagi setidaknya dua miliar eksoplanet.

Menurut sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situs NASA, tidak seperti Kepler, yang berfokus pada satu bagian langit dan mencari planet mirip Bumi, TESS akan mencari bintang 30 hingga 100 kali lebih terang daripada yang diamati oleh pendahulunya.

"TESS juga akan memindai area yang jauh lebih luas: ia akan menghabiskan waktu sekitar satu bulan waktu yang berfokus pada satu petak langit, ”tambah NASA.

Para ilmuwan misi ini mengatakan mereka berharap bisa mendeteksi setidaknya 500 planet berukuran Bumi dan mungkin 20.000 dunia baru secara total.[fq/presstv]

Share this post..

latestnews

View Full Version