View Full Version
Selasa, 01 Sep 2015

LKG TPQ Qurban ke Pedesaan

WONOGIRI (voa-islam.com) - Qurban  Ke Pedesaan merupakan tema kegiatan sosial Lembaga Koordinasi Gerakan Taman Pendidikan AL-Qur’an yang biasa disingkat LKG TPQ ketika hari qurban.

Biasanya kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari tasyrik pertama hingga ketiga. Untuk tahun ini, LKG TPQ mengadakan Qurban Ke Pedesaan di wilayah Wonogiri, yang tepatnya di dusun Karang, kelurahan Jemblongan, kecamatan Karang tengah.

Dusun Karang merupakan dusun yang jauh dari perkotaan dan wilayah pegunungan. Menuju dusun tersebut membutuhkan armada dan pengendara yang berani karena jalan yang menanjak, kecil, belak-belok dan curam.

LKG TPQ melaksanakan Qurban Ke Pedesaan di Dusun Karang pada hari Jumat 25 September 2015. Alhamdulillah, LKG TPQ bisa menyalurkan hewan qurban sebanyak 7 kambing untuk dibagikan kepada warga dusun Karang yang berjumlah 50 KK.

Selain membagikan daging qurban, LKG TPQ juga mengadakan kegiatan sosial untuk masyarakat, antara lain; Pengobatan Gratis, Bekam gratis, Penyuluhan Pertanian. Untuk kegiatan santri TPQ, LKG TPQ mengadakan Outbound serta dongeng dan dilanjutkan muhasabah.

Setelah adik-adik santri TPQ mendengarkan dongeng dari Kak Yasir, LKG TPQ membagikan paket alat tulis, iqro serta Al-Qur’an. Ada 150 santri TPQ dari dusun Karang dan sekitarnya yang menghadiri acara tersebut. Antusias santri TPQ yang sangat tinggi untuk mengikuti acara santri TPQ yang LKG TPQ adakan.  

Santri TPQ yang dari luar dusun Karang berjalan kaki ketika menghadiri acara tersebut karena medan menuju lokasi membahayakan para santri  ketika mereka menggunakan kendaraan dan karena medan di Dusun Karang yang naik turun dan curam, disana tidak ada sepeda dan pastinya membahanyakan. Oleh karena itu santri TPQ ketika menuju ke masjid untuk TPQ menggunakan motor atau  berjalan kaki.

Pengajian umum pada malam harinya merupakan acara penutup dari rangkaian acara yang LKG TPQ selenggarakan di dusun Karang. Ust Junianto dari Solo menjadi nara sumber dalam pengajian umum tersebut. Beliau menyampaikan tentang pentingnya mendidik anak dengan Al-Quran. Semoga dengan terselenggarakan rangkaian acara yang LKG TPQ selenggarakan, memberikan motivasi kepada santri TPQ serta masyarakat dalam belajar dan mengamalkan Al-Quran. [wahab/voa-islam.com]

Editor: syahid


latestnews

View Full Version