View Full Version
Rabu, 16 Feb 2011

Salingsapa.com, Situs Jejaring Bikinan Anak Indonesia

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Alhamdulillahirabbil ‘alamiin, washshalaatu wassalamu ‘alaa
Rasulillah ...

Fenomena Facebook memang luar biasa. Hadirnya Facebook telah memungkinkan para anggotanya untuk berkomunikasi secara Virtual dengan muda. Bila ada jaringan internet, seseorang bisa memberitahu kenalannya tentang : sedang berada dimana ? sedang mengerjakan apa? menyampaikan pesan pesan atau pemikiran nya , memuat foto, atau naskah naskah yang menarik. Cukup banyak sisi positif dari kehadiran Facebook ini , dan bahkan beberapa Ulama juga memiliki Account di Facebook.

Ustad Muhammad Arifin Ilham misalnya , aktif menggunakan Facebook ini untuk berdakwah, lebih dari 500.000 orang sendapatkan Taushiyah tertulis Ustad Arifin melalui Facebook, setiap hari tiap jam 3 pagi.

Hadirnya Facebook ini jelas ada juga manfaatnya. Akan tetapi
beberapa persoalan pernah muncul, yang bahkan sampai menyakiti sebagian besar
warga muslim dunia ketika Facebook dinilai menghina Islam ketika akan
mengadalan Lomba menggambar Nabi Muhammad SAW. Aksi facebook ini mendapat tentangan hebat / penolakan dari sangat
banyak warga muslim yang memiliki account di Facebook.

Sampai kapan kita harus menggunakan Situs Pertemanan milik
orang lain ? Kapan kita mulai membangun sendiri sarana Jejaring Sosial milikkita sendiri ? Alhamdulillah, dengan pertolongan Allah, sejak 1 Muharram 1431H, sudah hadir SalingSapa.com, sarana silaturrahmi virtual yg dikembangkan sebegitu rupa sehingga siapa saja bisa menyampaikan informasi, untaian hikmah, petikan hadits, petikan ayat Al Qur’an kepada para sahabat atau sanak saudara.

SalingSapa.com ini memang terlihat seperti Facebook, karena
memang situs ini dibangun untuk memberikan alternatif media Social Network kepada muslimin dan muslimat untuk menggunakan sarana Pertemanan / Jejaring sosial milik sendiri dengan beberapa perbedaan dengan Facebook , diantaranya :

(1) Adanya Fitur Al Qur’an, hal ini memungkinkan
bila disela sela kita sedang On Line, kita bisa membaca Al Qur’an dengan tampilan yg menarik, serta juga bisa memeriksa, apakah bacaan Al Qur’an kita sudah benar.

(2)
SalingSapa.com memiliki server sendiri , sehingga kita bisa memiliki
kontrol penuh dalam hal data data memmber, serta content yg di upload. Content yg tidak sesuai dengan nilai nilai Islam jelas akan bisa dihilangkan.

(3)
Server berada di
Jakarta, bukan di luar negeri, sehingga bisa diakses dengan lebih
cepat (untuk melihat /mengunggah foto
atau naskah ) . Cuma memang untuk Video, kita masih harus menumpang di Youtube

(4)
Usia member tidak dibatasi, sekalipun baru berusia 6 tahun
juga boleh mendaftar . Beda dengan Facebook yg membatasi usia pendaftar, dimana anak anak yg ingin punya account di Facebook ‘terpaksa’ harus berbohong mengenai usia (ketika melakukan
registrasi)

(5)
Juga ada fitur Game, akan tetapi Game yang ada
di SalingSapa.com ini lebih disaring, dan akan dikembangkan Game Game Islami .

Bilamana sahabat sudah terbiasa menggunakan Facebook, maka insyaAllah dengan mudah anda akan bisa mendaftar dan langsung menggunakan SalingSapa.com ini. Pertamakali di release di 1 Muharram 1431 Hijriyah, saat ini SalingSapa sudah diakses di 12 Negara, sebanyak lebih dari 7.000 kali. SalingSapa ini dikembangkan oleh Muhammad Yahya Harlan yang saat ini masih sekolah di sebuah SMP di Bandung, alhamdulillah wa syukurillah.

Dengan memohon pertolongan Allah, SalingSapa.com ini akan terus dikembangkan sehingga bisa menjadi Situs Silaturrahmi yang
menarik, dan para pengakses SalingSapa mendapat manfaat yang banyak dari sisi pencerahan spiritual, mengkaji ilmu agama, bertukar fikiran dengan para sahabat . Para Ustadz juga diharapkan untuk
memiliki Account di SalingSapa.com ini , sehingga para Ustadz bisa
mennyampaikan Taushiyah pendeknya ( tertulis ), serta menginformasikan hal hal seperti : jadwal ceramah, khotbah Jum’at dimana, dan lain lain.

Demikian perkenalan dari SalingSapa.com, semoga Allah senantiasa meliputi kita dengan Kasih SayangNYA, perlindungan, bimbingan, dan pertolonganNYA, aamiiiin.

Shalawat semoga senantiasa tercurah kepada Baginda Nabi SAW,
Alhamdulillahirabbil ‘alamiin

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

( yan.harlan@salingsapa.com)

Share this post..

latestnews

View Full Version