View Full Version
Jum'at, 24 Oct 2014

Pentingnya STAR CC untuk Perusahaan dan Pelanggan

JAKARTA (voa-islam.com) - Kasus penipuan dengan mengatasnamakan perusahaan memang sangat meresahkan dua pihak, yaitu perusahaan dan pelanggan yang sama-sama menjadi korban. Pelanggan merasa dirugikan melalui data dan keuangannya sedangkan perusahaan jelas tercemar nama baiknya.

Dari kasus di atas, maka terlihat betapa penting keberadaan call center, yang sekarang bermetamorfosa menjadi contact center, menjembatani konsumen dengan perusahaan. Lewat contact center inilah, semua permasalahan pelanggan dan perusahaan bisa di atasi dan kasus penipuan tadi pun seharusnya bisa diantisipasi.

Sejatinya, contact center bertugas untuk menerima respons dari konsumen baik itu keluhan maupun saran yang disampaikan melalui multimedia. Tugas ini dapat dikatakan sebagai tanggung jawab yang tidak mudah karena itulah orang-orang yang ada di balik contact center haruslah individu yang kompeten di bidangnya. Bagiamana mungkin bisa menjadi petugas atau agent contact center jika tidak mengetahui sistem operasional perusahaan.

Sebagai contoh pada operator seluler, petugas cantact center harus mengetahui segala seluk-beluk yang biasanya ditanyakan oleh pelanggan seperti kenapa sinyal 3G tidak masuk, kenapa terpotong pulsa padahal tidak melakukan panggilan, sms dan akses data. Semua pertanyaan harus dijawab dengan baik oleh petugas contact center agar dapat dimengerti oleh konsumen.

Dahulu contact center hanya ada di perusahaan-perusahaan besar seperti perbankan, namun saat ini semua perusahaan sadar akan pentingnya keberadaan contact center, termasuk para pengusaha kecil dan menengah (UKM). Jika dulu, hanya perusahaan besar saja yang mampu mendirikan layanan contact center, karena mahal, tapi sekarang UKM pun bisa. Sebab, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi, menyediakan layanan contact center khusus untuk UKM. Namanya STAR Contact Center (STAR CC).

Harga layanan STAR CC menjadi terjangkau karena menggunakan teknologi cloud yang memungkinkan untuk mesharing perangkat-perangkat contact center seperti server dan agent, sehingga memurahkan biaya pendirian contact center. Ibarat kata, kita memang tidak sanggup membeli mobil mewah tapi kita bisa sewa. Kita memang tidak mungkin menyediakan kapal untuk mengangkut barang, tetapi bisa menyewa kurir untuk mengirim. Kita mana mungkin membeli pesawat untuk bersantai di Bali, tapi kita bisa menyewa pesawat Garuda untuk ke sana. Begitu konsep cloud bekerja. Tak perlu beli server dan aplikasi, cukup sewa saja, yaitu Rp 700 per bulan.

Sementara itu, kredibilitas agent STAR CC pun tak perlu diragukan. Mereka mendapat pelatihan secara khusus untuk menangani setiap panggilan, dan menghandel seluruh penawaran produk dari para pelaku UKM yang telah menjadi pelanggan STAR CC.

Mereka dilengkapi dengan perangkat alat komunikasi mutakhir. Ketika ada panggilan masuk, mereka segera mengetahui, untuk perusahaan UKM yang mana panggilan tersebut.  Dan secara otomatis, di layar monitornya akan muncul data dan informasi pelaku UKM yang dituju. Dan secara otomatis pula, hasil dari komunikasi antara agent STAR CC dengan konsumen pelaku UKM,  akan masuk ke web pelaku UKM tersebut.

Fanpage : 1 juta ukm

Twitter : @1jutaukm

(advertorial)


latestnews

View Full Version