View Full Version
Senin, 26 Sep 2016

Istiqlal dan MTW Kerjasama Bangun Perekonomian Umat Berbasis Masjid

JAKARTA (voa-islam.com)—Sebagai upaya membangun perekonomian umat, Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Jakarta menjalin kerjasama dengan Majelis Taklim Wirausaha (MTW).

Kerjasama BPPMI dengan MTW ini akan memanfaatkan masjid sebagai pusat ekonomi umat. Sekretaris BPPMI Rusli Effendy mengatakan sebagai masjid negara, Istiqlal memiliki kepentingan untuk membangun pusat ekonomi yang kemudian dicontoh oleh masjid-masjid lainnya.

“Sebagai masjid negara, Istiqlal berkewajiban membina masjid se-Indonesia. Salah satu tugasnya bagaimana masjid bisa menjadi pusat ekonomi,” ujar Rusdi disela-sela Pelatihan Masjid Mandiri yang dihadiri 2300 orang pengurus masjid se-Jabodetabek di Masjid Istiqlal, Sabtu (24/9/2016).

Sementara itu, Pimpinan MTW Valentino Dinsi menjelaskan saat ini masjid di Indonesia berjumlah ratusan ribu unit. Ini merupakan potensi untuk menggerakan roda ekonomi melalui masjid.

“Membangun perekonomian umat bisa dilakukan dengan berbasis masjid,” jelas Valentino.

Valentino kemudian menceritakan awal mula dakwah Rasulullah. Setidaknya ada tiga langkah awal yang dilakukan Rasulullah. Yakni, membangun masjid, mempersaudarakan kaum Muhajirin dengan Anshar dan mulai melakukan penguasaan pasar.

Untuk langkah awal inilah, MTW dan BPPMI melakukan Pelatihan Masjid Mandiri. Dalam pelatihan ini peserta diberi pemahaman soal bagaimana menggunakan masjid sebagaimana fungsi yang dilakukan Rasulullah.

Selanjutnya, MTW dan BPPMI akan membangun jaringa Masjid Nusantara yang akan menjadi kekuatan ekonomi umat.* [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version