View Full Version
Kamis, 27 Oct 2016

Menkominfo Apresiasi Adanya Aplikasi Cargo Centrals untuk Logisti

JAKARTA (voa-islam.com)-  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mendorong pengembangan aplikasi untuk logistik guna meningkatkan efisiensi dan mengurangi ekonomi biaya tinggi.

Menurutnya, logistik saat ini menjadi salah satu isu ekonomi biaya tinggi (high cost economy).

Ia mengatakan, proporsi biaya logistik di Indonesia mencapai 25 persen dari GDP Indonesia. Angka tersebut, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara maju, bahkan negara tetangga Malaysia yang kini berada di angka belasan persen. Hal ini menunjukkan logistik masih belum efisien.

Ia mengasumsikan misalnya GDP di Indonesia sekitar 900 miliar dolar AS, maka biaya logistik sendiri bisa mencapai 200 miliar dolar. Jumlah yang besar dalam GDP.

"Kalau negara-negara yang baik itu, tidak lebih dari 15 persen, antara 11 sampai 15 persen," katanya, dalam acara peresmian platform aplikasi untuk logistik, cargo centrals, di Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Kinerja logistik Indonesia saat ini juga tercermin dari Indeks Kinerja Logistik (Logistic Performance Index/LPI) yang mengalami penurunan. Bila pada 2014, secara kumulatif, Indonesia berada di skor angka 3,08, maka pada 2016 turun menjadi 2,98. Hal ini juga menurunkan peringkat dari 53 menjadi 63.

Menteri mengatakan, untuk masalah infrastruktur transportasi, pemerintah terus berpacu melaksanakan pembangunan baik jalan raya, pelabuhan, bandara, tol laut serta sarana infrastruktur lainnya. Begitu pula dengan upaya pemberantasan pungli di berbagai instansi.

Sementara biaya logistik, menurut Menteri, terdiri dari tiga komponen, transportasi, inventory (penyimpanan) dan administrasi. Inventory merupakan komponen terbesar dalam sektor logistik.

Hal inilah yang, menurut menteri, dapat menjadi perhatian bagi para pengembang aplikasi. Melalui aplikasi yang tepat, maka biaya logistik dapat diturunkan, berbagai biaya yang tidak perlu dapat dihilangkan baik pungli maupun calo karena transparan.

Untuk itu, ia pun mengapresiasi adanya aplikasi cargo centrals yang memfokuskan pada masalah logistik. Ia berharap muncul banyak aplikasi terkait hal ini, sehingga logistik menjadi lebih efisien.

"Ini luar biasa, jangan hanya satu cargo centrals, tapi bikin aplikasi-aplikasi yang sejenis, untuk mengaddress (mengurai) miliaran dolar potensi bisnis di situ," katanya. (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version