View Full Version
Selasa, 29 Aug 2017

Hujan Lokal Hanya Guyur Satu Rumah, BMKG: Ini Fenomena Langka

JAKARTA (voa-islam.com)—Sebuah video rekamana hujan hanya mengguyur satu rumah saja viral di media sosial. Fenomena alam langka ini terjadi di kawasan Tebet Barat Dalam, Jakarta Selatan, Sabtu (26/8/2017) malam.

Dalam rekaman video berdurasi selama 15 detik yang diunggah akun Twitter @febicil detik itu, terlihat hujan hanya membasahi sebuah rumah besar di wilayah Tebet Barat Dalam atau tebat di belakang Hotel Ibis. Sementara rumah-rumah di samping dan depannya sama sekali tak tersentuh air hujan.

Menanggapi fenomena alam ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, berdasarkan analisis radar cuaca BMKG, pada Sabtu 26 Agustus 2017 sekitar pukul 18.00-23.00 WIB, di lokasi turunnya hujan aneh ini tidak terdeteksi partikel yang diasumsikan sebagai hujan.

Menurut BMKG fenomena hujan yang mengguyur rumah Muzakir saja dalam 6 jam tersebut merupakan hal yang langka dan sulit terjadi. BMKG mengatakan bahwa hujan lokal terjadi dalam cakupan wilayah yang cukup besar dan durasi hujan juga tidak lama, mulai dari pukul 18.00 sampai 24.00.

"Kalau hujan lokal mungkin sebagian kelurahan, sebagian kecamatan untuk agak lebih luas. Misalkan Thamrin hujan, sebelahnya tidak. Ambil contoh (awan berada di atas) 500-700 meter di atas permukaan. Kalau jatuh hanya pada satu rumah dan jangka waktu yang lama, banyak channel dari awan turun ke rumah tersebut," jelas Mulyono, Kepala Pusat Informasi Meteorologi Publik BMKG.

Mulyono juga menambahkan bahwa di musim kemarau potensi hujan lokal seperti ini mudah sekali terganggu karena ada angin yang menyebabkan awan hujan mudah bergeser. Tapi BMKG berharap agar masyarakat tidak mengaitkan fenomena hujan di rumah Muzakir ini sebagai bagian dari klenik. 

Sang pemilik rumah, yakni Muzakir juga heran dengan hujan lokal yang hanya mengguyur rumahnya saja tersebut. "Saya sedang main catur di teras. Kejadiannya kira-kira pukul 17.30 WIB. Banyak keponakan yang teriak-teriak ada hujan," kata pria yang akrab disapa Aking dilansir dari merdeka.com.

"Hujannya aneh. Cuma di satu rumah saja. Di sini saja (rumah Muzakir), satu rumah juga nggak ada. Cuma setengah lah," lanjut Aking. Dirinya juga mengaku telah mengecek toren air di dekat rumahnya, tidak bocor. Menurutnya yang terjadi di rumahnya bukan cuma toren bocor saja tapi memang hujan. * [Syaf/voa-islam.com]

 

Share this post..

latestnews

View Full Version