ISTAMBUL (voa-islam.com) - Bagaimana melihat antara Timur dan Barat yang selama bertahun-tahun mereka telah menjalin hubungan? Peristiwa dan kebijakan apa yang telah menciptakan kondisi dan perasaan yang sangat buruk saat ini?
Apakah stereotip sebelumnya sedang diatasi atau terus dikembangkan? Apakah sekularisasi dan nilai-nilai baru di Barat mempengaruhi umat Islam? Ini beberapa pertanyaan yang perlu dijawab.
Rudyard Kipling menegaskan, “Timur adalah Timur dan Barat adalah Barat; keduanya tidak akan pernah bertemu”, jawabnya.
Persepsi Berasal dari Masa Lalu
Interaksi antara Eropa Barat dan Islam mulai sejak tahun 701 M , hanya 80 tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam, ketika pasuakan Islam dari suku Arab dan Berber (Afrika Utara) menyeberangi selat Gibraltar dan menyerang Spanyol , dan orang-orang Spanyol masuk Islam . Wilayah Eropa yang sangat luas itu, mulai dari Spanyol, hingga masuk ke pintu gerbang Perancis, dan hampir menguasai pusat jantung kota Paris. Dibawah Panglima perang Abdurrahman al-Ghafiqi.
Namun, wilayah yang luas berhasil direbut kembali oleh Spanyol hingga 1492, karena sebagian para penguasa Islam di daratan Eropa itu sudah mabuk kekuasaan, dan moral mereka menjadi sangat lemah, maka dengan sangat mudah pasukan Kristen berhasil mengalahkan mereka.
Pada saat keruntuhan kekuasaan Muslim di daratan Eropa itu, dibagian lain terjadi ekspansi pasukan Muslim lebih lanjut di wilayah lain di bawah Turki Ottoman , yang akhirnya berhasil mengalahkan Kekaisaran Bizantium , menduduki ibukotanya , Konstantinopel, dan memperluas ke Eropa Timur dan Tengah.
Sebagai sebagai akhir abad 17, pasukan Muslim berhasil menguasai pulau Pulau Kreta dan menangancam Vienna . Demikian pula , Islam masuk ke negara-negara Eropa Tengah, dan mendudukinya, hingga memasuki abad ke 20 .
Faktanya Islam banyak ditemukan di negara Eropa Timur dan Selatan, karena penduduk aslinya telah masuk Islam di bawah kekuasaan Turki e Utsmani . Hubungan antara Muslim dan Kristen Eropa , bagaimanapun, tidak hanya didasarkan pada perang, tetapi juga perdagangan dan ide .
Sepanjang Abad Pertengahan di mana Islam adalah dilihat anti di Barat. Pada awalnya , pandangan yang lebih umum bahwa Islam adalah ajaran sesat dari agama Kristen. Selama atau setelah Perang Salib , citra Islam dan Muslim dalam pandangan Eropa dibangun atas dasar informasi yang salah tentang Islam. Di mana Islam sebagai bentuk penyembahan berhala politeistik.
Barat juga merasakan Timur sebagai wiayah berbahaya di mana Islam berkembang sebagai ras yang mengerikan. Turki digambarkan sebagai inkarnasi dari kekuatan horor, kekejaman, balas dendam, atau mewakili ras Islam.
Semua pandangan yang negatif itu, ternyata dalam dunia Kristen, stereotip yang negatif terhadap Islam, dikembangkan selama Perang Salib, dan telah menyebabkan permusuhan terhadap Islam bertahan sampai hari ini .
Dengan memahami sikap ini, terutama kalangan Barat memungkinkan umat Islam untuk mendapatkan lebih realistis atas pandangan Barat dan Kristen. Meskipun, pada abad ke 19 , tidak ada kebutuhan bagi umat Islam melakukan perjalanan ke Eropa untuk mempelajari lebih lanjut tentang nilai-nilai Eropa, karena mereka sekarang dihadapkan pada kenyataan Eropa sebagai penjajah terhadap negeri-negeri Muslim .
Meskipun sudah ada perubahan ini , seseorang tidak dapat menyangkal sejarah konflik dan permusuhan di masa lalu . Menyelesaikan permusuhan yang telah berlangsung selama lebih dari seribu tahun tidak akan mudah . Pemberian izin membangun sebuah masjid di Roma , dan yang terbesar di Eropa dengan para pejabat Italia adalah langkah maju yang positif .
Namun, pada pembukaan masjid pada tahun 1995, memang tetap tidak dapat dipisahkan dengan trauma masa lalu. Upacara pembukaan diboikot oleh beberapa pejabat tertinggi Italia . Selain itu, Ketua Majelis Rendah Italia , Irene Pivetti , bukannya mengambil bagian dalam upacara pembukaan itu, tetapi Irene pergi ke gereja terdekat, sebagai bentuk menebus dosa dan kesalahan untuk pembukaan masjid .
Di sana Irene bergabung dengan jemaah kristen lainnya, dan mereka sedang khusuk dalam doa menghormati pertempuran abad ke 16, di Lepanto yang pecah menghadapi angkatan laut Utsmani. Dengan demikian , upaya mengajak dialog antara dua agama, hyaan memicu beberapa reaksi dalam arah yang sangat luas.
Contoh lain dari masa lalu, yang bisa menjadi cermin ke masa kini, tentang pernyataan yang dibuat oleh pemimpin Serbia Radovan Karadzic ( yang bertanggung jawab atas pembantaian Muslim Bosnia ) selama wawancara yang disiarkan oleh BBC pada tahun 1993 .
Dia mengatakan bahwa orang-orang Serbia yang melindungi Eropa dari Turki selama lebih dari 500 tahun . Pernyataan ini sebagai jawaban atas pertanyaan presenter BBC mengapa orang-orang Serbia bersikeras melakukan kekejaman terhadap Muslim Bosnia?. Jawaban Karadzic menyiratkan bahwa umat Islam , kenyataannya , musuh Eropa bukan musuh orang-orang Serbia .
Sebuah contoh yang jauh lebih ekstrim dari masa lalu, yang mempengaruhi kehidupan masa kini antara Timur dan Barat. Mereka menggunakan kata “kita” versus “mereka”. Antara “kita” yang mewakili Eropa dan Barat itu dihadapkan (versus) “mereka” (Timur) yang Islam. Sikap ini terus berkembang di Eropa dan dunia Barat terhadap dunia Islam, sampai hari ini.
Karena kolonialisme dan imperialisme yang dilakukan oleh orang Eropa tampaknya bahwa dunia Barat telah datang untuk melihat dirinya sebagai lebih unggul dari semua negara-negara lain dengan hak untuk mendominasi dunia.
Sikap ini bahkan tercermin dalam novel abad ke 19 dan ke 20 di Barat. Istilah “kita” dan “mereka”, sudah menjadi mentalitas di kalangan novelis abad ke 20, seperti novel The Quiet Amerika.
Erich Fromm menyebut fenomena ini sebagai “ultra- nasionalisme atau rasisme” atau “narsisisme nasional atau rasial. Nasionalisme Narcissistic mendorong orang melihat hanya kebajikan bangsa mereka sendiri, sambil hnya memperhatikan keburukan dari golongan atau ras lain. Kita sering menyaksikan mobilisasi nasionalisme narsis dalam memimpin gerakan sampai
Jika kita Muslim sebagai minoritas Eropa telah mengatasi sikap lama , justru kita masih dihadapkan dengan mayoritas Eropa yang belum pernah beruah. Jadi bagaimana menyingkirkan pandangan stereotip lama yang sudah melekat dibenak setiap dada invidu di Eropa? Apa Eropa diajarkan tentang Islam?
Penggambaran Dunia Islam di Media Barat
Sumber lain dari informasi tentang dunia Islam berasal dari media . Sayangnya, media menyajikan ke masyarakat Barat tentang Muslim hanya sebagai teroris, dan hanya akan menembak para turis di Mesir atau pemboman terhadap Yahudi. Muslim hanya dipandang sebagai kaum barbar yang merindukan eksekusi Salman Rushdie di Inggris .
Hal ini menciptakan ide di Barat bahwa semua Muslim adalah teroris dan mengarah ke suasana di mana Muslim dipandang dengan penuh kecurigaan . Tidak diragukan lagi pernyataan dari warga negara Swedia , Erik Hörstadius , setelah Perang Teluk adalah karena ketidakpercayaan yang telah dibuat oleh media .
Dia berkata , " Saya tidak akan merasa apa-apa, jika seratus ribu orang Arab mati , tapi saya merasa simpati terhadap para prajurit Sekutu dan keluarga mereka, karena saya takut dengan orang-orang Arab”, cetusnya. *ali kasoe/wb