View Full Version
Rabu, 21 May 2014

Boko Haram Melakukan Pemboman di Nigeria Joss, Menewaskan Lebih 100 Orang

NEGERI JOS (voa-islam.com) - Nigeria terus dilanda situasi perang. Di mana sebelumnya terjadikan penculikan terhadap lebih 250 siswi sekolah oleh  Boko Harama. Sampai sekarang belum dibebaskan dan Boko Haram menuntut pembebasan para tahanan anggota Boko Haram.

Sekarang terjadi ledakan hebat di pusat kota Nigeria Joss, dan menewaskan lebih dari 115 orang dan melukai rausan lainnya. Ledakan itu berlangsung di kawasan bisnis yang sangat sibuk, ujar pejabat kepolisian di kota itu, Selasa, 20/5/2014.

Sementara itu, hingga kini belum ada yang mengaku bertanggung jawab , tetapi militan Boko Haram, yang telah meledakkan bom di seluruh bagian utara dan tengah Nigeria, dituduh kemungkinan sebagai pelakuknya.

Boko Haram menjadi berita utama dunia dengan menculik lebih dari 200 siswi lebih dari satu bulan yang lalu dari desa sebelah timur laut dari Chibok . Inggris, Amerika Serikat dan Perancis telah berjanji untuk membantu menyelamatkan mereka. Pemerintah Nigeria yang dipimpin Goodluck Jonathan meminta kepada PBB, memasukkan Boko Haram sebagai organisasi teroris.

Jika serangan terhadap Joss pelakuknya Boko Haram, itu akan menunjukkan jangkauan mereka tumbuh dengan sangat luas negara Afrika yang kaya minyak , mencolok di luar heartlands mereka di Nigeria semi, dan memiliki penduduk paling padat di Afrika, dimana Nigeria memiliki penduduk hampir 150 juta.

Seorang wartawan Reuters melihat 10 mayat terbakar di lokasi pemboman yang sudah dibawa ke rumah sakit di Terminus, pusat kota Jos. Di mana banyak mayat bergelimpangan  di toko, komplek perumahan, beberapa kantor dan pasar. Negara bagian Plateau Komisaris Polisi Chris Olakpe mengkonfirmasikan jumlah korban mencapai lebih 100 orang, dan  menambahkan bahwa beberapa terluka telah dibawa ke rumah sakit .

"Ledakan pertama  sekitar 15:00, kedua sekitar 3:30 sementara orang-orang berkumpul untuk membantu para korban yang berserakan", kata pejabat polisi melalui telepon . "Ini adalah daerah yang sangat sibuk Jos metropolis".

Serangan yang sangat dahsyat  ini dimaksudkan menciptakan kekacauan dan ketakutan yang luas di Nigeria. Boko Haram menuntut diberlakukan Syairah Islam, dan mengusir para orang-orang asing (Barat) dari Nigeria, yang sudah menularkan budaya sekuler terhadap rakyat yang mayoritas Muslim. (affg/wvb/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version