View Full Version
Jum'at, 24 Oct 2014

Kota Al-Bakar Jatuh ke Tangan Pejuang ISIS, Melumpuhkan Bagdad

BAGDAD (voa-islam.com) - Anggota  Komando Operasi Militer di Anbar, mengumumkan bahwa pejuang Daulah Islam Suriah dan Irak (ISIS) menguasai wilayah Al-Bakr di Al-Hit, sebelah barat dari kota Irak Ramadi, tak lama setelah pasukan keamanan dan pejuang suku menarik diri dari kota itu, Kamis, 23/10/2014.

Jenderal Rashid Flaih, komandan Operasi di Anbar,  mengatakan kepada kantor berita Turki, Anadolu, "Pejuang ISIS telah mengontrol penuh kota   Al-Bakr di Al-Hit, sebuah kota yang terletak 70 kilometer sebelah barat Ramadi, sesudah pertempuran dahsyat antara pasukan pemerintah Irak dan para pemimpin suku melawan pejuang ISIS. " Pertempuran ini berlangsung mulai tadi malam dan berlangsung sampai subuh. "

"Pasukan keamanan dan para pemimpin suku mundur setelah mereka kehabisan persediaan dan tidak lagi mendapatkan bantuan senjata", lanjut Flaih.  Kejatuhan al-Bakr di Hit ini, semakin melumpuhkan kekuatan pasukan Irak, yang sekarang bertahan di provinsi Anbar.

Sejak bulan Juni, tentara Irak telah terlibat dalam berbagai pertempuran melawan pejuang  ISIS dalam upaya untuk mendapatkan kembali kendali atas provinsi barat dan utara negara Irak, tapi gagal. Dengan bantuan dari tentara AS dan Kurdi Pashmerga, dan pasukan Irak tidak mampu mengusir pasukan ISIS 'dari sejumlah kota.

Sekarang berlangsung pertempuran antara hidup dan mati di Kobane. AS dan sekutunya mengerahkan bantuan senjata besar-besaran kepada milisi Kurdi di Kobane yang terkepung. AS dan Irak mendorong kelompok Kurdi di Irak, pergi ke Kobane mempertahankan kota yang berada di perbatasan Turki, dan terancam jatuh ke tangan pejuang ISIS.

Jika Kobane tidak dipertahankan dan jatuh ke tangan ISIS, maka ini akan mengancam terhadap Damaskus dan Bagdad. Kekuatan pejuang ISIS terus bertambah dan mendapatkan senjata dalam jumlah besar dari suplai yang dijatuhkan oleh pasukan Sekutu AS, dan jatuh ke tangan ISIS. [dimas/aby/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version