View Full Version
Selasa, 24 May 2016

Al-Qaidah Dirikan Kembali Markas di Afghanistan Selatan untuk Rencanakan Serangan Besar pada Barat

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Al-Qaidah telah mendirikan kembali markas mereka di Afghanistan selatan dan menggunakannya sebagai markas tersebut untuk merencanakan serangan besar terhadap Barat, Daily Telegraph mengungkapkan hari Ahad (22/5/2016).

Setelah lebih dari satu dekade bermarkas di seberang perbatasan di daerah suku tanpa hukum Pakistan, sel-sel Al-Qaidah telah pindah kembali ke Afghanistan selatan setelah penarikan pasukan Inggris dan Amerika pada akhir 2014.

Sekarang pejabat keamanan Afghanistan memperingatkan bahwa para pemimpin Al-Qaidah berharap menggunakan markas baru Afghanistan mereka untuk merencanakan gelombang baru serangan terhadap Barat dan sekutunya.

"Al-Qaidah telah mengambil keuntungan dari penarikan pasukan Barat untuk membangun kembali kantor pusatnya di Afghanistan selatan," kata seorang pejabat senior pertahanan Afghanistan. "Sekarang mereka kembali. Mereka akan menetapkan untuk menggunakan Afghanistan sebagai markas untuk mempersiapkan serangan baru terhadap sasaran Barat."

Para pejabat keamanan Afghanistan mengatakan sel jihad Al-Qaidah beroperasi di sekitar kota Kandahar, yang dianggap sebagai rumah spiritual Taliban, sekutu terdekat Al-Qaidah dan pendukung di wilayah tersebut.

Dan kembalinya Al-Qaidah ke Afghanistan selatan merupakan hal memalukan bagi pemerintah Inggris dan Amerika yang menghabiskan lebih dari satu dekade bertempur dalam perang pahit di Afghanistan selatan untuk mencegah negara itu menjadi tempat yang aman bagi mujahidin.

Militer Inggris menderita 456 korban jiwa, dengan ribuan prajurit lainnya menderita cedera serius, selama satu dekade misi NATO yang pimpinan AS yang dimulai setelah serangan 11 September 2001 yang menghabiskan puluhan miliar dolar Amerika dalam kampanye untuk mengalahkan Taliban, yang memungkinkan Al-Qaidah menggunakan Afghanistan sebagai basis untuk merencanakan serangan 9/11.

AS sendiri kehilangan 2.271 tentaranya, menurut hitungan situs independent iCasualities.org.

Namun keputusan Presiden AS Barack Obama untuk mengakhiri semua operasi tempur pada akhir 2014 mengakibatkan penarikan sebagian besar pasukan AS dan Inggris tanpa Taliban dikalahkan.

"Kembalinya Al-Qaidah ke Afghanistan selatan adalah sangat memalukan bagi pemerintah Amerika dan Inggris," kata Kolonel Richard Kemp, mantan komandan Inggris di Afghanistan. "Itu adalah salah penilaian serius untuk memerintahkan penarikan pasukan Barat sebelum pekerjaan telah selesai.

"Al-Qaidah telah putus asa untuk kembali ke Afghanistan sejak mereka dikeluarkan setelah 9/11. Sekarang mereka kembali. Mereka akan nekat untuk meluncurkan serangan profil tinggi terhadap Barat."

Para pejabat keamanan percaya pembentukan kembali tersebut adalah bagian dari upaya kelompok itu untuk membangun kembali kekuatannya setelah pembunuhan Syaikh Usamah bin Ladin di Pakistan oleh Pasukan Khusus AS lima tahun yang lalu.

Terlepas dari basisnya di Afghanistan, Al-Qaidah kini diperkirakan memiliki sekitar 150 pejuang inti yang berbasis di Suriah, sementara mereka juga telah bekerja keras untuk membangun franchise di Yaman, di mana cabang Al-Qaidah di Semenanjung Arab telah meningkat akibat keputusan Iran tahun lalu untuk melepaskan lima komandan senior Al-Qaidah yang mereka tahan sebagai imbalan untuk pembebasan seorang diplomat Iran yang diculik di ibukota Yaman Sana'a. Di antara mereka yang dibebaskan oleh Teheran adalah Saif al-Adel, kepala militer kelompok tersebut yang diberi tanggung jawab untuk reorganisasi Al-Qaidah setelah kematian bin Ladin.

Para pejabat keamanan Afghanistan percaya operasi membangun kembali Al-Qaidah ditujukan untuk meluncurkan gelombang baru serangan terhadap Barat, dan para pejabat kontra-terorisme Eropa sangat tertarik untuk melacak sel jihad Al-Qaidah yang diyakini beroperasi dari Jerman. (st/tlgrp)


latestnews

View Full Version