View Full Version
Jum'at, 24 Mar 2017

Iran Tingkatkan Dukungan Senjata dan Keuangan Untuk Pemberontak Syi'ah Houtsi Yaman

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Iran mengirimkan senjata canggih dan penasihat militer untuk gerakan pemberontak Syi'ah Houtsi Yaman, meningkatkan dukungan untuk sekutunya tersebut dalam perang saudara yang hasilnya bisa mempengaruhi keseimbangan kekuasaan di Timur Tengah, sumber regional dan Barat mengatakan.

Sumber dengan pengetahuan tentang gerakan militer, yang menolak untuk diidentifikasi, mengatakan bahwa dalam beberapa bulan terakhir pemerintah Syi'ah Iran telah mengambil peran yang lebih besar dalam konflik dua tahun di Yaman dengan meningkatkan pasokan senjata dan dukungan lainnya.

Ini mengulang strategi yang mereka telah gunakan untuk mendukung sekutu Syi'ahnya di Libanon, Hizbullata di Suriah.

Seorang pejabat senior Syi'ah  Iran mengatakan Mayor Jenderal Qassem Soleimani, komandan Pasukan Quds - sayap eksternal dari Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) - bertemu para pejabat tingkat atas IRGC di Teheran bulan lalu untuk mencari cara untuk "memberdayakan" pemberontak Syi'ah Houtsi.

"Pada pertemuan ini, mereka sepakat untuk meningkatkan jumlah bantuan, melalui pelatihan, senjata dan dukungan keuangan," kata pejabat itu.

"Yaman adalah di mana perang proxy nyata terjadi dan memenangkan pertempuran di Yaman akan membantu menentukan keseimbangan kekuasaan di Timur Tengah."

Iran tidak mau mengakui tuduhan dari Arab Saudi bahwa negara kiblat Syi'ah itu memberikan dukungan keuangan dan militer kepada Syi'ah Houtsi dalam pemberontakan untuk menguasai negeri mayoritas Sunni Yaman, justru menyalahkan krisis mendalam tersebut kepada Riyadh.

Tapi tindakan Syi'ah Iran di Yaman tampaknya mencerminkan pengaruh pertumbuhan Syi'ah garis keras di Teheran, antusias untuk mendahului kebijakan yang lebih keras terhadap Iran yang disiyaratkan oleh Presiden AS Donald Trump.

Mayor Jenderal Ahmed Assiri, juru bicara koalisi Arab yang memerangi pemberontak Syi'ah Houtsi, mengatakan kepada Reuters: "Kami tidak kekurangan informasi atau bukti bahwa Iran, dengan berbagai cara, yang menyelundupkan senjata ke daerah itu."

"Kami mengamati bahwa senjata anti-tank Kornet ada di tanah, padahal sebelumnya itu tidak ada di gudang-gudang tentara Yaman atau Houtsi. Senjata-senjata itu datang kemudian."

Ekspansi Syi'ah Iran telah mengkhawatirkan negara-negara Muslim Sunni di Timur Tengah, dengan satu pejabat senior dari negara tetangga mengatakan: ". Kami ingin Iran menghentikan ekspor agama Syi'ah di wilayah tersebut, apakah di Yaman atau di tempat lain"

Sebuah koalisi yang dipimpin Arab Saudi ikut campur dalam perang sipil Yaman pada tahun 2015 untuk mendukung Presiden Abdu Rabbu Mansour Hadi setelah ia digulingkan dari ibukota Sana'a oleh pemberontak Syi'ah Houtsi dan pasukan penghianat yang setia kepada mantan presiden asal Syi'ah, Ali Abdullah Saleh.

Pasukan pemerintah di selatan dan timur menguasai sebagian besar wilayah Yaman, sedangkan pemberontak Syi'ah Houtsi mengontrol pusat-pusat populasi penduduk yang di barat laut, termasuk Sana'a.

Seorang mantan pejabat keamanan senior Iran mengatakan penguasa garis keras Syi'ah Iran berencana untuk memberdayakan milisi Houtsi di Yaman untuk "memperkuat posisi mereka di wilayah tersebut."

"Mereka berencana untuk membuat milisi semacam Hizbullah (baca-Hizbullata) di Yaman. Untuk menghadapi kebijakan memusuhi Riyadh ... Iran perlu menggunakan semua kartu," kata mantan pejabat.

kekuatan yang mengganggu

Seorang diplomat Barat di Timur Tengah setuju: "Iran telah lama berusaha untuk menumbuhkan bagian-bagian dari milisi Houtsi sebagai kekuatan yang mengganggu di Yaman."

"Ini bukan untuk mengatakan bahwa Houtsi adalah Hizbullah, tetapi mereka perlu untuk mencapai tujuan Iran, yaitu mengepung Saudi, memperluas proyeksi pengaruh dan kekuatannya di wilayah ini dan mengembangkan tuas tekanan konvensional."

Sumber itu mengatakan Iran menggunakan kapal untuk mengirimkan pasokan senjata ke Yaman baik secara langsung atau melalui Somalia, melewati upaya koalisi untuk mencegat pengiriman tersebut.

sumber Barat mengatakan setelah kapal tiba di wilayah tersebut, muatan dipindahkan ke kapal nelayan kecil, yang sulit untuk dikenali karena mereka begitu umum di perairan ini.

Daerah-daerah yang disukai diyakini termasuk teluk-teluk kecil tempat memancing di sekitar pelabuhan Mukalla, meskipun itu akan membutuhkan penyeludup atau peralatan untuk melakukan perjalanan berisiko panjang ke distrik-distrik utama yang dikuasai pemberontak Syi'ah Houtsi.

Koalisi mengusir Al-Qaidah dari daerah itu tahun lalu, tapi masih tidak bisa mencegah penyelundupan senjata dan orang-orang, menurut sumber-sumber yang akrab dengan perairan tersebut.

Assiri mengakui kesulitan mengawasi 2.700 km dari garis pantai sekitar Yaman.

"Anda tidak dapat mengamati pantai panjang ini bahkan jika Anda membawa semua angkatan laut dunia," katanya. "Jika kita menghentikan pergerakan kapal-kapal kecil, ini akan mempengaruhi kegiatan memancing oleh orang-orang normal."

Dari September 2015 sampai Maret 2016, angkatan laut Prancis dan Australia sering mencegat senjata yang kata para pejabat paling mungkin ditujukkan untuk pemberontak Syi'ah Houtsi.

Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan penyelundupan senjata-senjata Iran ke pemberontak Syi'ah Houtsi telah terus berlanjut sejak Maret tahun lalu, ketika penengkapan berhenti. Peralatan tersebut termasuk rudal balistik jarak jauh yang mampu mencapai jauh ke Arab Saudi.

"Tidak ada penjelasan yang masuk akal untuk penampakan senjata ini 'selain bantuan dari luar. Kami menilai bahwa bantuan telah kemungkinan berasal dari Iran," kata pejabat AS.

Nic Jenzen-Jones, spesialis senjata militer dan direktur Armament Research Services, yang telah melacak peralatan Iran yang berakhir di Yaman, juga mengatakan jumlah telah meningkat.

"Kami telah melihat beberapa keberhasilan lainnya dalam transfer berbasis laut selama beberapa bulan terakhir dan saya menduga uptick umum dalam frekuensi senjata Iran yang kita dokumentasikan sebagian hasil dari pengiriman lewat laut yang lebih sukses," kata Jenzen-Jones.

Dalam sebuah studi dari transfer teknologi Iran ke Yaman yang dirilis pada hari Rabu, Peneliti Persenjataan Konflik (CAR) mengatakan mereka memiliki bukti yang menunjukkan bahwa drone Qasef-1 UAV dibuat di Iran dan bukan dari desain dan konsturksi asli, berbeda dengan pernyataan Houtsi, yang mengaku-ngaku itu buatan mereka."

Pada tanggal 30 Januari, sebuah kapal Saudi diserang di dekat pelabuhan yang dikuasai pemberontak Syi'ah Houtsi, Hodeidah, dalam sebuah operasi yang media resmi Saudi salahkan pada Houtsi.

Angkatan Laut AS mengatakan sebuah perahu remote control sarat dengan bahan peledak menabrak kapal Saudi dalam serangan pertama yang diketahui sebagai serangan kapal "drone", dan pemberontak Syi'ah Houtsi telah kemungkinan menggunakan teknologi yang disediakan oleh Iran.

Jenzen-Jones mengatakan kualitas amunisi Iran telah meningkat akhir-akhir.

"Transfer Terbaru senjata dan amunisi juga telah menyertakan UAV (drone) seri Ababil Iran, dilengkapi dengan hulu ledak ledak tinggi dan digunakan oleh Houtsi untuk menghancurkan target bernilai tinggi, seperti radar dan baterai rudal Patriot," katanya.

Rudal-rudal portabel anti kapal juga diduga telah dikirimkan, katanya.

Selain senjata, sumber Iran dan regional mengatakan Teheran telah menyediakan para ahli Syi'ah Arab dan Afghanistan untuk melatih unit-unit pemeberontak Syi'ah Houtsi dan bertindak sebagai penasihat logistik. Mereka ini termasuk para milisi Syi'ah asal Afghanistan yang telah berjuang di Suriah di bawah arahan para komandan Pasukan Quds IRGC. (st/aby)


latestnews

View Full Version