View Full Version
Sabtu, 10 Jun 2017

Qatar Diblokade Karena Dukungannya Terhadap Palestina?

TIMUR TENGAH (voa-islam.com) - Dukungan Qatar untuk orang-orang Palestina tampaknya menjadi salah satu penyebab utama blokade yang dipimpin Saudi di Doha, di tengah meningkatnya konvergensi antara Riyadh dan Abu Dhabi, dan pemerintahan Presiden AS Donald Trump - presiden yang paling mendukung Zionis Israel dalam beberapa dekade terakhir.

Pada hari Selasa, Adel al-Jubeir, menteri luar negeri Saudi, menegaskan bahwa permintaan utama pemerintahnya untuk mengembalikan hubungan dengan Doha adalah agar Qatar mengakhiri "dukungannya" untuk kelompok Hamas Palestina, yang memperjuangkan perlawanan bersenjata melawan Israel Dan merupakan pemenang pemilihan umum terakhir yang diadakan di wilayah Palestina yang diduduki.

Jubeir, untuk pertama kalinya dalam sejarah Saudi, mengatakan bahwa Hamas adalah kelompok "ekstremis". Selama kunjungan Trump ke Riyadh pada akhir Mei, presiden AS memproklamasikan kelompok Hamas sebagai pakaian teroris yang mirip dengan kelompok Al-Qaidah dan Islamic State (IS), dan Riyadh tidak keberatan.

Arab Saudi sebelumnya memberikan dukungan kepada Hamas dan menyambut para pemimpinnya baru-baru ini seperti 2015. Namun, di balik kesepakatan nuklir Iran, baik kerajaan maupun sekutunya, UEA, telah melakukan peningkatan tawaran normalisasi dengan Israel.

Karena peristiwa Musim Semi Arab, baik Arab Saudi maupun UEA juga telah memusuhi Ikhwanul Muslimin, dimana Hamas berafiliasi, melihatnya sebagai ancaman yang akan segera terjadi pada mereka.

Qatar, sebaliknya, telah mempertahankan hubungan baik dengan sebagian besar faksi Palestina, termasuk Hamas dan Fatah, dan menginvestasikan ratusan juta dolar untuk rekonstruksi Gaza yang terkepung, yang dirusak oleh perang Israel selama bertahun-tahun.

Qatar, meski sangat dekat dengan Amerika Serikat, telah mempertahankan sebuah kebijakan independen mengenai Palestina, yang seringkali menyebabkan masalah dengan pejabat pro-Israel di Barat.

Sekarang, para tetangga Qatar tampaknya telah bergabung dalam keributan tersebut, beringsut mendekati untuk sepenuhnya mendukung narasi Zionis Israel mengenai kelompok-kelompok seperti Hamas, atas nama memerangi ekstremisme dan terorisme, tanpa menentukan keduanya.

Perlu dicatat bahwa UEA menjadi "tempat penampungan" dan mendukung saingan berat Hamas, pemimpin Fatah yang diasingkan, Mohammed Dahlan, dimana dia harapkan untuk diinstal sebagai presiden Palestina berikutnya.

"Qatar dihukum karena peran dan pengaruhnya di arena Palestina, baik dengan Presiden Mahmoud Abbas dan Hamas," kata Ibrahim, Madhoun, analis politik, kepada The New Arab.

"Peran Qatar adalah salah satu penyebab krisis Teluk, karena posisi dan pengaruhnya yang seimbang telah menjadi sumber jengkel bagi para pesaingnya," tambahnya.

Taysir Muhaisen, komentator politik, sependapat. "Semua pihak, sehubungan dengan munculnya pemerintahan baru AS, telah memutuskan untuk mendesak Qatar, yang memiliki pendekatan yang berbeda terhadap banyak isu termasuk isu Palestina, berurusan dengan Hamas dan semua faksi Palestina ... dan membantu dapat dari Blokade Gaza," katanya.

Bencana Gaza

Qatar sendiri merupakan satu dari sedikit pendukung asing Hamas, dan menghadapi tekanan besar dari tetangganya di Teluk untuk memutuskan hubungan dengan kelompok perlawanan Palestina tersebut. Jika demikian, hasilnya bisa menjadi bencana bagi Hamas yang memerintah Gaza, menurut sebuah analisis AP.

Qatar telah menginvestasikan ratusan juta dolar untuk jalan, perumahan dan rumah sakit besar di wilayah kecil itu. Proyek infrastrukturnya adalah salah satu dari sedikit pencipta pekerjaan dalam ekonomi yang hancur.

Gaza sudah menderita blokade Israel-Mesir, kehancuran yang meluas dari serangkaian perang Israel-Hamas, kesengsaraan ekonomi dan kekurangan listrik kronis. Bagi Hamas, uang Qatar yang masuk ke ekonomi adalah jalur vital yang menopang pemerintahannya.

Prospek kehilangan dukungan Qatar mendorong Hamas pada hari Rabu untuk mengeluarkan kritik langka terhadap Arab Saudi, yang telah memimpin kampanye melawan tetangga kecilnya di Teluk tersebut.

Pejabat Hamas Mushir al-Masri mengatakan bahwa seruan Saudi kepada Qatar untuk memutuskan hubungan dengan kelompok Palestina itu "disesalkan", dan bertentangan dengan dukungan tradisional Arab untuk kepentingan Palestina. Dia menuduh Arab Saudi berpihak pada "seruan Amerika dan Zionis untuk menempatkan Hamas pada daftar terorisme".

Qatar membantah tuduhan yang diajukan terhadapnya oleh Riyadh. Tapi ukurannya yang kecil dan ketergantungan pada impor makanan dari Arab Saudi bisa membuatnya rentan terhadap tekanan.

Ini bisa menimbulkan masalah bagi Hamas. Kelompok tersebut - yang menyerukan penghancuran Israel, bahkan jika mereka telah menawarkan gencatan senjata sementara jangka panjang- dianggap sebagai organisasi teroris oleh Israel dan sekutu Baratnya. Israel dan Hamas telah bertempur dalam tiga perang lintas perbatasan yang menyebabkan kerusakan besar-besaran di Gaza.

Qatar tidak mendukung Hamas secara langsung, namun proyek berskala besar tersebut telah mengurangi beban otoritas Hamas secara signifikan dan memberinya sedikit penghargaan karena membawa uang ini ke Gaza.

Pada tahun 2012, emir Qatar sebelumnya, Hamad bin Khalifa al-Thani, mengunjungi Gaza, kepala negara pertama dan satu satunya yang melakukannya sejak Hamas mengalahkan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Gaza selama pertempuran internis satu tahun setelah Hamas memenangkan pemilihan di 2006. Sang emir mengumumkan hibah sebesar $ 407 juta untuk proyek kemanusiaan.

Hibah tersebut digunakan untuk membangun komplek perumahan seluas 3.000 unit. Dua tahap proyek telah selesai dan para keluarga pindah ke rumah baru mereka, dijuluki Hamad Residential City, di kota Gaza selatan Khan Younis.

Bulan lalu, kontraktor Palestina dan utusan Qatar menandatangani kesepakatan untuk memulai tahap ketiga dan terakhir Hamad City. Sekarang, kesepakatan itu bisa jadi dipertanyakan.

Dengan menggunakan hibah tersebut, Qatar juga membangun pusat spesialis prostetik, yang pertama dari jenisnya di Gaza. Qatar membuka jalan, memperbaiki atau membangun kembali masjid dan mengawasi puluhan proyek infrastruktur lainnya.

Setelah perang 50 hari antara Israel dan Hamas pada tahun 2014, Qatar adalah donor tunggal terbesar untuk rekonstruksi Gaza, menjanjikan $ 1 miliar pada konferensi internasional yang diselenggarakan di Kairo.

Qatar juga membantu membayar pengiriman bahan bakar dan listrik dari negara tetangga Israel, yang, meski memiliki permusuhan dengan Hamas, memasok energi ke Gaza untuk apa yang dikatakannya sebagai alasan kemanusiaan.

Pada hari Rabu, buldoser dengan bendera Qatar terlihat meratakan daratan yang menghadap jalan pesisir Gaza City. Tempat itu seharusnya menjadi markas besar misi rekonstruksi Gaza Qatar dan sebuah tempat tinggal untuk seorang utusan.

Di Hamad City, toko dan toko baru dibuka, termasuk apotek bernama Qatar, kios tukang cukur dan kafe video game karena lebih banyak keluarga pindah. Kompleks ini adalah yang terbesar di Gaza.

Wael al-Naqla, seorang kontraktor, telah memenangkan tender untuk membangun beberapa bangunan pada tahap akhir. Berkat uang Qatar, dia adalah satu dari sedikit pemilik bisnis yang bisa menyewa pekerja di Gaza hari ini.

"Tanpa proyek ini, kita pasti sudah lama malas," katanya, menyuarakan kekhawatiran bahwa dana tersebut bisa segera mengering. "Kami takut saya tidak bisa membayar 20 pekerja saya dan mereka tidak akan bisa makan."

Pembangunan di sini adalah satu dari sedikit titik terang di Gaza.

Situasi Jalur itu suram. Wilayah ini mengalami pemadaman listrik bergulir, hanya dengan empat jam listrik sekaligus, diikuti oleh pemadaman ulang-alik selama 14-18 jam. Air ledeng tidak bisa diminum, pengangguran kaum muda diperkirakan mencapai 60 persen. Ribuan menunggu kesempatan langka untuk keluar dari wilayah yang diblokade.

Mkhaimar Abusada, seorang analis politik independen Gaza, mengatakan tekanan pada Qatar dapat meningkatkan isolasi politik dan keuangan Hamas.

Pekan ini, sebuah delegasi Hamas tingkat tinggi dipanggil ke negara tetangga Mesir, yang tengah mengalami hubungan pendinginan dengan Hamas. "Jika perundingan ini tidak mengarah pada pemahaman baru yang membuat Hamas keluar dari situasi politiknya yang sulit, saya pikir akan ada lebih banyak krisis," kata Abusada. (st/TNA)


latestnews

View Full Version