View Full Version
Jum'at, 01 Jun 2018

Gelombang Penangkapan Aktivis di Mesir Jelang Pelantikan Al-Sisi Sebagai Presiden

KIAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Saat Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi bersiap untuk disumpah untuk masa jabatan empat tahun kedua pada Sabtu, gelombang penangkapan dilakukan menandakan ketakutan pemerintahnya terhadap perbedaan sosial, kata para analis.

Orang-orang yang terlibat dalam pemberontakan populer Januari 2011 yang menjatuhkan presiden Hosni Mubarak adalah salah satu yang telah ditahan, di tengah tindakan keras yang dimulai setelah pemilihan Maret yang memberi Sisi 97 persen suara resmi.

Dua dari mereka yang ditangkap adalah blogger dan jurnalis Wael Abbas dan Shadi Ghazali Harb, salah satu pemimpin pemuda selama revolusi 2011.

Mereka juga termasuk Hazim Abdelazim, yang telah menggambarkan keputusannya untuk mengepalai panitia muda dari upaya pencalonan presiden 2014 Sisi yang sukses sebagai "kesalahan terbesar" -nya.

"Penangkapan itu sejalan dengan kebijakan represif pada tahun-tahun belakangan ini, yang bertujuan untuk menundukkan" semua pengawas potensial terhadap kekuasaan, kata Karim Bitar, seorang peneliti di Institut Prancis untuk Urusan Internasional dan Strategis.

Sebulan sebelum pemilihan, kantor jaksa penuntut umum memperingatkan media bahwa mereka akan bertindak melawan penyebaran "informasi palsu" yang dianggap merugikan "keselamatan dan keamanan" negara.

Penangkapan terbaru menunjukkan "tidak ada yang berubah dalam kebijakan rezim yang berfokus pada keamanan" di Mesir, kata Mostafa Kamel el-Sayed, seorang profesor ilmu politik di Universitas Kairo.

"Masih ada kekhawatiran tentang pengulangan apa yang terjadi pada Januari 2011, yang telah diungkapkan oleh presiden (Sisi) lebih dari sekali," kata Sayed.

Kesulitan ekonomi mungkin juga membuat pihak berwenang gelisah, kata para analis.

Pemerintah telah memasukkan pajak pertambahan nilai, memotong subsidi bahan bakar dan menaikkan harga listrik, karena berusaha mempertahankan persyaratan kesepakatan pinjaman $ 12 miliar dengan Dana Moneter Internasional.

Pihak berwenang juga mungkin takut para aktivis akan "menggunakan keadaan ini untuk memobilisasi warga melawan rezim Sisi", dengan tokoh-tokoh yang terkenal pada revolusi tahun 2011 menjadi sumber kekhawatiran potensial, Sayed mengatakan kepada AFP.

Jatuhnya nilai mata uang pada akhir 2016 dan inflasi yang dihasilkan, yang mencapai puncaknya pada 33 persen pada Juli lalu, juga membuat konsumen merasa terjepit.

Kenaikan harga listrik lain dan pemotongan untuk subsidi bahan bakar direncanakan untuk musim panas.

Untuk mempersiapkan masyarakat untuk obat yang tidak populer ini, media pemerintah telah mengutip undang-undang subsidi minyak senilai $ 5,8 miliar dan tekanan yang disebabkan oleh harga minyak naik kembali di atas $ 75 per barel.

- 'Penindasan negara' -

Kelompok-kelompok advokasi mengecam penangkapan itu, meminta pihak berwenang untuk membebaskan para aktivis, dengan Human Rights Watch pada hari Kamis mengecam "penindasan negara".

Juga bulan lalu sebuah pengadilan militer Mesir memvonis Ismail Alexandrani, seorang wartawan terkemuka dan ahli gerakan jihadis di Semenanjung Sinai, hingga 10 tahun penjara.

Pengadilan belum mengeluarkan alasannya, tetapi pengacara Alexandrani mengatakan dia telah dituduh mempublikasikan rahasia militer dan milik Ikhwanul Muslimin yang dilarang.

Bagi peneliti yang berbasis di Paris, Bitar, arah kebijakan Mesir setidaknya sebagian merupakan konsekuensi dari kebijakan-kebijakan Barat sendiri.

"Preferensi Barat untuk otoritarianisme Arab memberikan para penguasa Timur Tengah cek kosong yang membuat mereka merasa mereka tidak memiliki batasan dalam hal penindasan," kata Bitar. (st/AFP)


latestnews

View Full Version