View Full Version
Ahad, 19 Aug 2018

Ibadah Haji dalam Bilangan

MAKKAH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Ibadah Haji, yang dimulai di tempat-tempat suci umat Islam di Arab Saudi pada hari Ahad (19/8/2018) adalah salah satu pertemuan tahunan terbesar di dunia.

Berikut beberapa angka yang menggambarkan skalanya:

- Lebih dari dua juta jamaah mengambil bagian tahun ini, menurut angka resmi, dibandingkan dengan 1,86 juta pada tahun 2016 dan hanya 24.000 pada tahun 1941.

- Sekitar 18.000 pegawai pertahanan sipil, di antara puluhan ribu personel keamanan, membantu menjaga para jamaah, kata para pejabat. Selain itu, ribuan kamera keamanan telah dipasang di sepanjang rute ziarah.

- Dua puluh lima rumah sakit didukung oleh ratusan ambulans dan lebih dari 30.000 praktisi kesehatan telah dimobilisasi untuk menyediakan layanan darurat bagi para peziarah, menurut kementerian haji.

- Puluhan ribu tenda ber-AC telah disiapkan untuk menampung para jamaah.

- Sekitar 14.000 penerbangan internasional dan domestik sejauh ini telah mengangkut para jamaah, menurut angka resmi. Sekitar 21.000 bus juga telah digunakan.

- Sekitar 16.000 menara telekomunikasi dan 3.000 titik akses WiFi telah disiapkan untuk melayani para peziarah, kata kementerian haji.

- Delapan juta kitab suci Al-Quran suci dan terjemahannya serta buku-buku keagamaan lainnya akan dibagikan kepada para jamaah, angka resmi menunjukkan.

- Arab Saudi berharap untuk menyambut 30 juta peziarah setiap tahun di kerajaan pada tahun 2030. Muslim juga berduyun-duyun ke negara itu untuk ibadah umroh, yang dapat dilakukan setiap saat sepanjang tahun.

- Sekitar 54 juta jamaah telah melaksanakan ibadah haji selama 25 tahun terakhir, menurut angka resmi. (st/AFP)


latestnews

View Full Version