View Full Version
Jum'at, 07 Sep 2018

Media Arab Laporkan Keretakan dalam Keluarga Kerajaan Saudi

RIYAHD, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Perpecahan dalam keluarga penguasa Saudi dapat menggagalkan rencana untuk modernisasi negara itu, laporan baru oleh Al-Khaleej telah menyimpulkan.

Surat kabar Arab tersebut mengatakan bahwa keretakan di dalam lingkaran dalam Raja Salman, dan salah perhitungan putranya, Putra Mahkota Mohammed Bin Salman (MBS), telah menempatkan Visi 2030 negara itu dengan risiko besar.

Makalah ini melaporkan perbedaan besar antara Raja dan putranya, penguasa de facto selama tiga tahun terakhir, telah memaksa Salman untuk mengambil alih pemerintahan untuk membatalkan kerusakan yang disebabkan oleh putranya.

Al-Khaleej mengutip pembatalan flotasi Aramco, papan utama dalam rencana modernisasi Bin Salman, untuk menggambarkan kekuatan pembagian dalam keluarga yang berkuasa tersebut. Itu adalah "tamparan baru oleh raja Saudi untuk putranya."

Kontradiksi antara kebijakan domestik dan luar negeri Arab Saudi sejak munculnya Mohammed Bin Salman telah membuka pintu bagi konflik antara para bangsawan, kata laporan itu.

Dalam tanda lebih lanjut dari pandangan dan kebijakan yang bertentangan dalam keluarga yang berkuasa, pangeran Saudi dan saudara laki-laki Raja Salman, Ahmed Bin Abdulaziz, ditanyai tentang kesetiaannya kepada rezim setelah ia tampak menjauhkan diri dari kebijakan saudara dan keponakannya.

Sebuah video langka menunjukkan Pangeran Ahmed berbicara kepada pengunjuk rasa di London. Komentarnya menimbulkan kontroversi dan diindikasikan pada perselisihan potensial dalam jajaran keluarga yang berkuasa, yang memaksanya untuk mengeluarkan pernyataan klarifikasi.

Dalam klip berdurasi hampir dua menit, pangeran tampaknya bertanya kepada para pengunjuk rasa mengapa mereka mengeluh kepadanya dan anggota keluarga lainnya daripada saudaranya dan keponakannya. “Apa hubungannya keluarga dengan itu? Orang-orang tertentu bertanggung jawab ... raja dan putra mahkota, ”katanya. Abdullah Bin Abdulaziz kemudian dipaksa untuk mengklarifikasi komentarnya dalam upaya untuk menampilkan persatuan di antara keluarga.

Perpecahan dan keretakan dalam keluarga kerajaan bertepatan dengan kemunduran besar di masalah ekonomi, kata laporan itu. Keputusan untuk membatalkan pencatatan saham raksasa minyak domestik dan internasional Aramco, yang disebut sebagai kesepakatan terbesar dalam sejarah, digambarkan sebagai pukulan besar bagi Visi 2030. Itu adalah pilar rencana modernisasi Mohammed Bin Salman.

Laporan itu mencatat bahwa Mohammed Bin Salman telah mengambil keputusan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah negara tersebut. Pangeran berusia 33 tahun itu menampilkan dirinya sebagai "juru selamat Kerajaan, orang bijak dan pelindung negara dan orang-orang dalam peristiwa kehabisan minyak". Hal ini tercermin dalam visi reformisnya, tetapi banyak spesialis dan ahli, mengatakan laporan itu memperkirakan kegagalan untuk rencananya.

Keputusan Raja Salman untuk masuk pada saat yang genting dan membatalkan penjualan tiga tahun setelah pengumuman untuk mengapung Aramco adalah indikasi yang jelas bahwa visi strategis Mohammed Bin Salman adalah cacat. Laporan itu mengutip sumber-sumber Saudi dan mengatakan bahwa raja telah berkonsultasi dengan sejumlah anggota keluarga yang berkuasa dan ahli ekonomi dan menyimpulkan bahwa rencana putranya tidak akan menjadi kepentingan Kerajaan dan dapat berdampak negatif terhadap negara.

Laporan itu mengutip intervensi lebih lanjut oleh Raja Saudi untuk membatalkan kerusakan yang disebabkan oleh putranya yaitu dukungannya bagi rencana perdamaian Presiden AS Donald Trump mengenai Israel dan Palestina yang dikenal sebagai "kesepakatan abad ini".

MBS secara pribadi memberikan dukungannya pada kesepakatan itu meskipun itu merongrong hak-hak Palestina. Meskipun keputusan AS untuk memindahkan kedutaan ke Yerusalem dalam menghadapi kemarahan global, Mohammed Bin Salman tidak memberikan indikasi bahwa ia melindungi hak-hak dasar Palestina dalam setiap kesepakatan yang diusulkan. Sebaliknya, ia dituduh mencaci-maki warga Palestina dengan memberi tahu mereka untuk menerima kesepakatan Trump atau diam.

Bencana MBS yang memalukan memberi kesan bahwa Saudi bersedia menyerahkan perjuangan Palestina untuk mempermanis orang Amerika dan Israel. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, Riyadh telah menunjukkan minat yang lebih besar terhadap perjuangan Palestina, untuk membatalkan kerusakan reputasi Saudi yang disebabkan oleh persetujuan lengkap Mohammed Bin Salman kepada Trump. Diperkirakan bahwa permusuhan Mohammed Bin Salman terhadap warga Palestina mendorong ayahnya untuk sekali lagi melangkah dan bersumpah untuk mendukung tuntutan Palestina dalam kesepakatan perdamaian yang dipimpin AS.  (st/MeMo)


latestnews

View Full Version