View Full Version
Kamis, 27 Dec 2018

'Kami Datang', Bunyi Iklan Blackwater yang Siap Kembali ke Bisnis Perang di Suriah dan Afghanistan

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Blackwater, perusahaan keamanan swasta atau tentara bayaran asal AS yang kontroversial, telah menyatakan niatnya untuk kembali ke bisnis, mengeluarkan iklan satu halaman penuh di majalah Recoil edisi terbaru dengan pesan mengerikan yang menyatakan, "Kami datang."

Kebangkitan dalam pasar kontraktor militer Blackwater yang terkenal kejam, yang, setelah banyak skandal dan beberapa kali perubahan nama, sekarang dikenal sebagai Academi, membuat para analis melihat lebih dalam atas niat AS untuk menarik diri dari perang di Timur Tengah. Iklan di Recoil, dipublikasikan setelah Menteri Pertahanan Jim Mattis mengumumkan pengunduran dirinya, memicu kekhawatiran bahwa presiden Donald Trump mungkin akan berusaha untuk memprivatisasi keterlibatan Amerika yang sedang berlangsung di Afghanistan dan Suriah, menyusul penarikan pasukan yang dinyatakan dari wilayah tersebut.

Pendukung utama gagasan privatisasi pertempuran AS di Timur Tengah adalah Erik Prince, mantan pemimpin Blackwater. Orang lama Republikan itu menjual perusahaan tersebut pada tahun 2010 tetapi telah mempertahankan komunikasi dengan Trump, dilaporkan mencoba melobi lingkaran dalamnya untuk menggantikan kehadiran militer AS di wilayah tersebut dengan tentara bayaran. Mattis, yang bertugas dalam Perang Teluk Persia, Afghanistan dan Irak, dengan tegas menolak gagasan itu.

Trump pada dasarnya memecat orang-orang yang mengatakan kepadanya bahwa itu tidak akan berhasil dan tidak melakukannya.

"Dengan Mattis yang sekarang hilang, dapat dibayangkan bahwa Trump sekarang dapat mengevaluasi kembali" proposal Prince, Michael Maloof, mantan analis keamanan Pentagon, mengatakan kepada Rusia Today.

Apakah mengalihtugaskan perang AS ke tentara bayaran akan memiliki pengaruh positif di lapangan, masih harus dilihat, Maloof menjelaskan, menekankan bahwa rasio "tiga kontraktor militer swasta untuk satu tentara AS" yang saat ini disiapkan di Suriah dan Afghanistan telah gagal mencapai banyak.

"Erik Prince sangat dekat dengan Trump," analis menunjukkan, tetapi "ia harus membawa kekuatan yang sangat traumatis dan itu akan memakan biaya dan Erik Prince dibayar oleh pemerintah AS."

Prospek kembalinya Blackwater ke pasar tentara bayaran telah membuat tertekan beberapa orang di antara publik Amerika yang mengingat pembunuhan 14 warga sipil Irak oleh penjaga keamanan perusahaan keamanan swasta itu pada 2007 di Nisour Square, Baghdad.

"Saya tidak berpikir publik Amerika akan membela perusahaan yang telah melakukan begitu banyak kejahatan di masa lalu," kata aktivis politik, Medea Benjamin kepada RT. "Erik Prince dan tentara bayaran menghasilkan uang dengan melanjutkan perang, bukan mengakhiri mereka." (st/RT)


latestnews

View Full Version