View Full Version
Sabtu, 05 Oct 2019

Analis: Tes Rudal Baru AS Menunjukkan Mereka 'Mungkin Bersiap Untuk Perang Dengan Cina'

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Tes sistem senjata baru oleh Angkatan Laut AS di Pasifik menunjukkan bahwa Amerika Serikat "mungkin bersiap untuk perang dengan Cina," kata wartawan Amerika dan komentator politik Don DeBar.

Di perairan Guam, USS Gabrielle Giffords menembakkan Naval Strike Missile (NSM), rudal jelajah peluncur laut yang sulit dikenali oleh radar, dan dapat bermanuver untuk menghindari pertahanan musuh.

NSM, bersama dengan berbagai senjata lain, ditembakkan pada fregat Angkatan Laut AS, bekas USS Ford, yang ditarik ke Pasifik untuk dijadikan sebagai target dalam latihan yang disebut SINKEX.

Giffords adalah kapal Angkatan Laut AS pertama yang disebarkan dengan Rudal Serang Angkatan Laut, dan para analis mengatakan itu membantu bahkan persamaan di Pasifik, di mana Cina telah meningkatkan persenjataan rudal dalam hal kualitas dan kuantitas.

"Pengumuman bahwa AS memiliki sistem senjata baru yang tampaknya telah dirancang untuk Laut Cina Selatan dan untuk pertempuran dengan Cina di Pasifik (atau) di tempat lain seharusnya tidak mengejutkan," kata DeBar  pada hari Jum'at (4/10/2019).

"Ini seperti sistem senjata konvensional, seperti yang saya katakan, sesuatu yang secara khusus dirancang untuk tugas yang tampaknya adalah perang dengan Cina," tambahnya.

"Saya pikir sistem rudal AS ini perlu dilihat dalam konteks itu bahwa mereka mungkin bersiap untuk perang dengan China," analis berpendapat.

China sekarang menikmati keuntungan 3-banding-1 dalam rudal jelajah di atas AS, tetapi Rudal Serang Angkatan Laut akhirnya dapat "mengubah permainan," kata Carl Schuster, mantan kapten Angkatan Laut AS yang sekarang menjadi instruktur di Universitas Hawaii Pacific.

"Pentagon sedang membangun pasukan militer yang dapat beroperasi dengan basis yang lebih berkelanjutan dan memiliki peluang lebih baik untuk bertarung dan bertahan hidup dalam amplop penolakan wilayah, anti-akses PLA yang mematikan," kata analis pertahanan senior Rand Corp Timothy Heath, merujuk pada campuran kapal, pesawat terbang, dan rudal yang dikumpulkan oleh Tentara Pembebasan Rakyat China untuk mengendalikan bagian-bagian Pasifik.

PLA memamerkan banyak persenjataan baru pada hari Selasa di Beijing - mulai dari rudal balistik antarbenua hingga drone kapal selam baru.

Sebagian besar ketegangan AS-Cina difokuskan pada Laut Cina Selatan, salah satu wilayah yang paling diperebutkan di dunia. Beberapa negara mengklaim bagian dari kawasan yang padat-niaga, tetapi klaim Beijing sejauh ini merupakan yang paling ekspansif, mencakup sebagian besar lautan tersebut. (ptv)


latestnews

View Full Version