View Full Version
Senin, 22 Jul 2013

AS Setuju Ekstradisi Aafia Siddiqui ke Pakistan dengan Pertukaran Tahanan

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Amerika Serikat telah setuju untuk mengekstradisi Aafia Siddiqui - seorang Doktor wanita Pakistan terkenal yang telah diculik dan dipenjara dengan perlakuan tidak manusiawi di AS- kembali ke negaranya di bawah kesepakatan pertukaran tahanan.

AS telah menawarkan Islamabad perjanjian di mana kedua belah pihak akan merilis narapidana masing-masing. Pemerintah AS setuju untuk mengirim kembali Siddiqui setelah menyelesaikan kesepakatan tersebut.

Ketentuan permintaan kesepakatan itu bahwa Pakistan menerima keputusan dari pengadilan AS, di mana Siddiqui dihukum atas tuduhan yang berkaitan dengan teror.

Wanita Pakistan tersebut juga harus menyelesaikan sisa hukuman penjara di Pakistan. Kesepakatan pertukaran kemungkinan akan segera ditandatangani.

Kementerian Dalam Negeri Pakistan telah membentuk satuan tugas untuk menindaklanjuti tawaran AS.

Aafia Siddiqui dijatuhi hukuman 86 tahun penjara setelah dia dinyatakan bersalah oleh pengadilan AS karena merebut senapan serbu tentara AS dan mencoba untuk menembak sekelompok agen FBI dan tentara di suatu kompleks polisi Afghanistan pada bulan Juli 2008.

Dia membantah tuduhan terhadap dirinya selama persidangan.

Para pejabat AS juga mengklaim dia adalah agen Al-Qaidah, tapi keluarga dan banyak orang Pakistan percaya ini hanya alasan yang dibuat-buat.

Aafia Siddiqui sedang ditahan di Pusat Medis Federal (FMC) terkenal di Carswell, Texas, di mana ia dijaga di Unit Tahanan Khusus, yang merupakan kategori kurungan paling berat.

Pembebasannya telah menjadi salah satu isu nasional tingkat tinggi di Pakistan. Ada banyak protes tidak hanya di Pakistan tapi juga banyak negara lain untuk pembebasannya. (an/ptv)


latestnews

View Full Version