View Full Version
Selasa, 06 Aug 2013

Panglima Militer Turki Jenderal Ilker Basbusg Dipenjara Seumur Hidup

Ankara (voa-islam.com) Mantan Menteri Pertahanan Turki, Jenderal Ilker Basbug oleh Pengadilan Turki dijatuhi hukkuman penjara seumur hidup. Basbug dituduh telah melakukan konspirasi bersama dengan sejumlah oknum jenderal lainnya dan sipil berencana menggulingkan pemerintahan Turki dibawah Perdana Recep Tayyeb Erdogan, Senin, 5/7/2013.

Jenderal Ilker Basbug dituduh memiliki sebuah peranan penting dalam konspirasi kudeta yang dikenal dengan "Ergenekon", sebuah usaha yang ingin menggulingkan pemerintahan Erdgoan.

Usaha-usaha penggulingan itu merupakan kolaborasi antara sejumlah jenderal, kolonel, politisi, dan wartawan, yang tidak suka terhadap pemerintahan Erdogan.

Militer Turki yang menjadi penjaga sekulerisme itu, selalu bertindak dan melakukan campur tangan politik, dan tidak segan-segan melakukan kkudeta manakala sebuah pemerintahan dinilai menimpang dari sekulerisme Turki.

Tetapi, militer Turki yang merupakan warisan Kemal At-Turk itu, sekarang sudah dicopoti giginya oleh Erdogan, dan dikembalikan perannya sebagai penjaga kedaulatan negara.

Kisah Mesir, di mana militer bisa bertindak seenak "jihadnya", tidak akan terjadi di Turki. Belum lama ini, Erdogan telah melakukan pergantian sejumlah perwira tinggi Turki, dan mengeleminir potensi yang mempunyai niat busuk, kembali ke ranah politik, dan mengkudeta pemerintahan sipil. Lain Turki lain pula Mesr. Di mana militer nya masih sangat primitip, dan berdampak kehidupan rakyatnya yang semakin jembel.

Para hakim pengadilan juga memvonis 275 terdakwa lainnya dalam kasus ini, termasuk menghukum tiga anggota parlemen oposisi antara 12 dan 35 tahun penjara. Rasain sendiri. af/wb


latestnews

View Full Version