View Full Version
Selasa, 20 Aug 2013

Walikota Istambul Mengabadikan Rabi'ah al-Adawiyah di Turki

Istambul (voa-islam.com) Walikota Istambul Kadir Topbas menegaskan, bahwa akan mengganti nama Dortyol Square dengan  Rabi'ah al-Adawiyah. Dortyol Square terletak di wilayah Esenler, Senin, 19/8/2013.

Kadir Topbas mengabadikan nama Rabi'ah al-Adawiyah yang menjadi simbol perjuangan Muslim Mesir terhadap rezim militer yang sangat brutal dan bidadab. Kekejaman militer Mesir hanya bisa disamai oleh rezim Rwanda yang membantai puluhan ribu suku Hutu.

Sikap Kadir itu mencerminkan sikap pemerintah dan bangsa Turki yang secara tegas mengutuk pembantaian dan menentang kudeta serta tetap mengakui Presiden Mohamad Mursi sebagai pemimpin yang sah di Mesir.

Kadir berbicara di depan rakyat Istambul yang berada di Esenler, saat membuka Dortyol Square, dan akan mengajukan proposal resmi kepada parlemen di Istambul, guna mengubah nama Dortyol Square menjadi Rabi'ah al-Adawiyah Square sebagai nama baru.

Ide penggantian nama itu, juga datang dari Walikota Esenler, Mehmet Teyfik Goksu, yang mengatakan, "Tidak ada kekuatan dan kekuasaan yang dapat melawan kehendak rakyat", tegasnya.

Turki bersatu padu antara rakyat dan pemerintahnya mendukung Jamaah Ikhwanul Muslimin dan Presiden Mohamad Mursi, yang digiulingkan oleh militer. Mereka mengutuk pembantaian yang sangat biadab, dan tetap mengakui pemerintahan baru Mesir yang merupakan perpanjangan tangan militer.

Perdana Menteri Turki Recep Erdogan menegaskan, "Andaikata kepemimpinan Mursi dimusnahkan, syuhada Othmaniy akan datang ke bumi Anbiya' Mesir", tegasnya. af/wb.

h plu

latestnews

View Full Version