View Full Version
Sabtu, 24 Aug 2013

Guru Agama Islam Ditembak Mati di Patani

PATANI, THAILAND SELATAN (voa-islam.com) - Seorang Ustadz yang mengajar di sebuah sekolah Islam, ditembak dan dibunuh dalam penyergapan di distrik Nong Chik provinsi Patani pada hari Rabu (21/8/2013) pagi, kata laporan-laporan.

Ustadz tersebut diidentifikasi sebagai Humaidee Musaw, 38, seorang guru di sekolah Yayasan Komunitas Islam dari provinsi perbatasan paling selatan.

Polisi mengatakan penembakan terjadi sekitar pukul 8 pagi di jalan Bor Thong-Yabi di Moo 5, Tambon Pulohpuyo dari distrik Nong Chik.

Menurut para saksi, Humaidee sedang mengemudikan van-nya menuju ke sekolah ketika seorang pria bersenjata bersembunyi di sebuah perkebunan karet pinggir jalan dan menembaknya.

Ustadz tersebut ditembak beberapa kali di bagian tubuh dan dibawa ke rumah sakit Nong Chik. Dia kemudian dinyatakan meninggal.

Seperti biasa, polisi Thailand selalu menyalahkan pejuang Islam Patani atas kejadian tersebut.

Pihak berwenang selalu menuduh bahwa pejuang Islam Patani berada disetiap serangan yang terjadi, termasuk juga serangan dan pembunuhan yang menimpa umat Muslim. Namun penduduk Muslim lokal menyebut bahwa banyak dari pembunuhan, khususnya terhadap Umat Islam, dilakukan oleh warga Buddha atau polisi dan tentara Thailand, yang dikenal dengan nama skuad kematian pemerintah.

Skuad kematian pemerintah biasanya menyasar tokoh-tokoh Muslim, guru sekolah Islam dan dan Muslim pada umumnya untuk menebar ketakutan dan teror di kalangan penduduk Muslim di wilayah selatan Thailand. (an/bp)

Foto: Ilustrasi


latestnews

View Full Version