View Full Version
Kamis, 29 Aug 2013

Pembunuh 13 Tentara AS di Fort Hood, Nidal Hasan Dijatuhi Hukuman Mati

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Juri militer AS pada hari Rabu (28/8/2013) menjatuhi menghukum mati terhadap seorang psikiater Angkatan Darat AS karena membunuh 13 orang, sebagian besar tentara, di Fort Hood, Texas pada 2009 lalu, yang dia katakan sebagai pembalasan atas perang AS di dunia Muslim .

Mayor Nidal Hasan menghadapi hukuman mati dengan suntikan mematikan untuk peristiwa yang juga melukai 31 orang lainnya tersebut.

Juri membahas lebih dari dua jam sebelum memutuskan hukuman mati untuk Hasan, yang melepaskan tembakan dengan pistol di fasilitas medis di pusat pangkalan militer Texas hanya beberapa pekan sebelum ia akan dikerahkan ke Afghanistan .

Hasan, yang duduk dikursi roda, tidak menunjukkan ekspresi ketika presiden juri membacakan kalimat bahwa ia "harus dihukum mati." Hasan lumpuh karena ditembak oleh polisi yang mencoba untuk mengakhiri amukannya pada peristiwa 5 November 2009 lalu.

Hukuman mati jarang terjadi di militer, yang terakhir yang dijalankan anggota tentara 52 tahun yang lalu. Hasan, 42, akan menjadi orang keenam yang menjalani hukuman mati di penjara militer AS di Fort Leavenworth, Kansas. Juri yang sama menghukum dia pada hari Jumat dengan dakwaan 45 pembunuhan berencana dan usaha pembunuhan berencana.

Hasan, seorang Muslim kelahiran Amerika, mengatakan dalam pernyataan pembukaannya pada 6 Agustus bahwa ia adalah pria bersenjata tersebut dan telah beralih sisi dalam apa yang dianggap sebagai perang AS terhadap Islam .

Dia mengatakan kepada penilai kesehatan mental ia ingin menjadi syuhada.

13 korban pembunuhan Hasan adalah tentara, perwira, bintara, tamtama dan pensiunan.

Hasan, yang bertindak sebagai pengacara dirinya sendiri, menolak kesempatan terakhirnya untuk menyampaikan pesan sebelum juri musyawarah .

Selain pengakuan menakjubkannya dalam argumen pembuka, ia telah berbicara sedikit selama persidangan, menolak peluang berulang kali untuk membuat pernyataan atau bukti hadir.

Juri juga menghukum Hasan untuk diberhentikan dari militer dan akan dicabut dari semua gaji. (an/Reuters)


latestnews

View Full Version