View Full Version
Kamis, 29 Aug 2013

Polisi India Tangkap Pendiri Kelompok Mujahidin India

UTTAR PRADESH, INDIA (voa-islam.com) - Polisi di India telah menangkap tersangka pendiri kelompok bersenjata di negara itu, Mujahidin India, yang dipersalahkan atas serangkaian serangan dalam beberapa tahun terakhir di kota Pune, Bangalore dan Hyderabad, seorang pejabat pemerintah mengaklaim.

Yasin Bhatkal ditangkap di perbatasan India-Nepal dekat kota Gorakhpur di bagian utara negara bagian Uttar Pradesh, menurut situs surat kabar Times of India.

Informasi ini dikonfirmasi oleh Menteri Dalam Negeri negara itu, Sushilkumar Shinde, surat kabar tersebut melaporkan.

Kelompok Mujahidin India mendapat perhatian publik pada bulan November 2007 menyusul serangkaian ledakan di Uttar Pradesh, dan sejak itu disalahkan untuk beberapa serangan di kota-kota di seluruh negara di mana ratusan orang telah tewas.

Kelompok ini diduga memimpin jaringan kelompok-kelompok agama-konservatif bersenjata yang tumbuh di dalam negeri, dengan beberapa analis percaya kelompok itu memiliki hubungan dengan Lashkar-e-Taiba yang berbasis di Pakistan (LeT) dan organisasi bersenjata Jaish-e-Mohammed.

Penangkapan itu dilakukan di tengah penangkapan awal bulan ini oleh pasukan keamanan India terhadap tersangka pejuang top lain, Abdul Karim Tunda, yang dianggap sebagai anggota senior dari LeT.

Hal ini tidak diketahui apakah dua penangkapan tersebut terkait, tapi Tunda, yang juga ditangkap dekat perbatasan Nepal, telah bekerja sama dengan polisi, menurut laporan-laporan surat kabar.

Abdul Karim Tunda dituduh membantu dalang serangkaian ledakan di Mumbai pada tahun 1993 di mana 250 orang tewas, serta lebih dari 40 serangan bom mematikan lainnya di seluruh negeri. (st/aje)


latestnews

View Full Version