View Full Version
Selasa, 03 Sep 2013

Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud Selamat dari Sergapan Pejuang Al-Shabaab

MARKA, SOMALIA (voa-islam.com) - Presiden Somalia, Hassan Sheikh Mohamud selamat dalam serangan penyergapan yang dilakukan oleh kelompok pejuang Al-Shabaab terhadap konvoinya pada hari Selasa (3/9/2013).

Penyergapan tersebut terjadi ketika Hassan Sheikh Mohamud sedang dalam perjalanan ke kota Marka yang terletak dataran rendah Shabelle untuk mendamaikan dua komunitas yang baru saja bentrok di wilayah itu.

Serangkaian serangan meletus tiba-tiba ketika ledakan ranjau darat menargetkan salah satu kendaraan yang mengawal konvoi presiden yang kemudian diikuti oleh tembakan berat yang berlangsung selama hampir 20 menit.

Sumber-sumber diplomatik yang telah berbicara dengan rombongan presiden mengklaim bahwa Presiden Somalia tersebut dan seluruh timnya telah mencapai pelabuhan Merka dengan aman setelah penyergapan dan keamanan ketat telah dikerahkan di kota itu.

Sementara itu juru bicara Al-Shabab dalam sebuah pernyataan kepada AFP menyatakan bahwa kelompok mereka bertanggung jawab atas serangan tersebut menambahkan mereka bahwa telah menghancurkan kendaraan-kendaraan dengan granat-granat berpeluncur roket.

"Kami menyergap sebuah konvoi yang mengawal presiden Somalia, juru bicara Al-Shabaab, Syaikh Abdulaziz Abu Musab mengatakan kepada AFP, menambahkan bahwa pertempuran berlanjut dekat pelabuhan Marka. (an/ahram,shabelle)


latestnews

View Full Version