View Full Version
Kamis, 31 Oct 2013

Pemberontak Syi'ah Houthi Serang Masjid Sunni di Dammaj, 4 Tewas 14 Terluka

SANAA, YAMAN (voa-islam.com) - Sedikitnya empat orang tewas di Yaman pada Rabu (30/10/2013) ketika sebuah roket yang ditembakkan pemberontak Syi'ah Houthi menghantam sebuah masjid Sunni di utara kota Damaj, juru bicara untuk kelompok Sunni mengatakan.

Dammaj terletak dekat Saada, sebuah kota dekat perbatasan dengan Arab Saudi sekitar 130 km utara ibukota Sanaa.

Muslim Sunni memerangi pemberontak Houthi yang mengendalikan Saada dan sebagian besar wilayah utara Yaman tahun lalu dan telah berperang dengan mereka sesekali sejak saat itu.

"Syi'ah Houthi membom sebuah masjid dengan roket Katyusha selama sholat Dzuhur," kata Abu Ismail al-Hajouri, juru bicara Muslim Sunni. "Empat warga Sunni tewas dan 14 luka-luka."

Dia mengatakan pemberontak Syi'ah Houthi telah memblokade Dammaj selama beberapa pekan, menuntut pemulangan ratusan mahasiswa asing yang datang ke kota pegunungan itu untuk menuntut ilmu agama.

Pejabat Houthi tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar.

Abu Ismail Al-Hajouri mengatakan upaya komite yang ditunjuk oleh Presiden Abd - Rabbu Mansour Hadi untuk mencabut blokade itu telah gagal.

Tapi satu anggota komite, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan upaya perdamaian terus dilakukan. "Kami telah membuat perjanjian dimana tentara akan ditempatkan di pegunungan sebelah Dammaj sebagai imbalan atas penarikan pemberontak Syi'ah Huthi," katanya.

Provinsi Saada telah menjadi basis kelompok bersenjata kafir Syi'ah Houthi untuk melakukan pemberontakan bertahun-tahun melawan pemerintahan Yaman dimana mereka hampir menguasai sebagain besar wilayah itu.

Mereka melakukan gencatan senjata dengan Pemerintah Yaman pada 2010 lalu namun tetap menyerang  orang-orang Sunni yang berada di wilayah yang mereka kuasai. (st/Reuters)

Foto: Salah satu sudut kota Dammaj di Yaman utara


latestnews

View Full Version