View Full Version
Ahad, 15 Jun 2014

AS Kirim 3 Kapal Perang ke Teluk Persia untuk Bantu Irak Perangi Mujahidin

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Pentagon telah mengirimkan tiga kapal perang ke Teluk Persia untuk memberikan Presiden AS Barack Obama dengan pilihan jika dia memutuskan untuk meluncurkan serangan udara terhadap mujahidin di Irak.

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel memerintahkan USS George HW Bush, yang membawa puluhan jet tempur, untuk bergerak ke Teluk Persia pada hari Sabtu (14/6/2014).

Kapal perang seberat 103.000 ton tersebut disertai dengan kapal pemandu rudal USS Philippine Sea dan kapal perusak pemandu rudal USS Truxtun, yang membawa sejumlah besar rudal Tomahawk, Pentagon mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Kapal-kapal tersebut dijadwalkan tiba di Teluk Persia Sabtu malam.

"Perintah tersebut akan memberikan Panglima Tertinggi keleluasaan tambahan jika opsi militer diperlukan untuk melindungi kehidupan warga Amerika, warga negara dan kepentingan Amerika di Irak," kata juru bicara Pentagon Laksamana John Kirby.

Pada hari Jumat, Obama mengatakan, "Kami tidak akan mengirimkan tentara AS untuk bertempur di Irak, tapi saya telah meminta tim keamanan nasional saya untuk mempersiapkan berbagai pilihan lain yang bisa membantu mendukung pasukan keamanan Irak."

Pada tanggal 10 Juni, mujahidin Sunni dan mujahidin Negara Islam Irak dan Suriah Raya (ISIS) mengambil alih ibukota provinsi Nineveh Mosul, dalam sebuah kemajuan kilat, yang diikuti jatuhnya Tikrit, yang terletak 140 kilometer barat laut dari Baghdad dan telah bersumpah untuk melanjutkan serangan mereka ke ibukota pemerintahan Syi'ah Irak tersebut.


latestnews

View Full Version