View Full Version
Kamis, 05 May 2016

Pejabat Tinggi Mesir Salahkan Kartun Tom dan Jerry Atas Meningkatnya Kekerasan di Timur Tengah

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Kepala Layanan Informasi Negara Mesir (SIS), Salah Abdel Sadek, telah mengaitkan peningkatan kekerasan dan ekstremisme di seluruh dunia Arab kepada kartun anak-anak Tom dan Jerry, video-video game dan film-film 'kekerasan'.

Selama pidato di sebuah konferensi bertajuk 'Media dan Budaya Kekerasan' di Universitas Kairo, pejabat intelijen tingkat atas itu mengatakan bahwa Tom dan Jerry menetapkan ide dalam pikiran pemirsa bahwa kekerasan adalah wajar.

"[Tom dan Jerry] menggambarkan kekerasan dengan cara yang lucu dan mengirimkan pesan bahwa, ya, aku bisa memukulnya ... dan saya bisa meledakkan dia dengan bahan peledak. Ini menjadi set dalam pikiran [pemirsa] bahwa ini adalah alami, "kata Abdel Sadek hari Selasa (3/5/2016).

"Video game menyebar ... [mereka] keluar baru-baru ini dengan kemajuan teknologi. Hal ini telah menjadi sangat normal bagi seorang pemuda untuk menghabiskan berjam-jam bermain video game, membunuh dan menumpahkan darah dan dia senang dan puas," lanjut Sadek, menambahkan bahwa orang-orang muda yang kemudian dihadapkan dengan tekanan sosial yang mendorong mereka untuk melakukan kekerasan, yang mereka anggap normal dan dimengerti.

Setelah pernyataan kepala SIS, Youm7 menerbitkan sebuah artikel berjudul "Lima Tuduhan yang Tom dan Jerry Hadapi di Mesir". Artikel tersebut mengatakan kartun itu mengajarkan anak-anak tentang kebiasaan negatif, seperti minum alkohol, merokok, dan mencuri.

Penulis artikel Youm7 ini menambahkan bahwa Tom dan Jerry membungkus gagasan keadilan, membantu anak-anak datang dengan rencana jahat, dan mendorong kekerasan dan penggunaan alat tajam seperti pisau, senjata, dan gergaji.

Meskipun pernyataan kepala SIS, belum tempak bahwa pemerintah benar-benar akan mengambil langkah-langkah untuk menyensor Tom dan Jerry atau video game. Namun, Mesir telah memiliki sejarah menyensor film, terutama karena kandungan seksual digambarkan dalam beberapa adegan. Misalnya, film Wolf of Wall Street's berkurang durasinya selama 45 menit di Mesir, dengan banyak adegan yang menunjukkan aktivitas seksual dan pemakaian narkoba dipotong.

Tom dan Jerry, kartun Amerika, diciptakan pada 1940-an. Banyak episode dari film kartun itu telah menjadi subyek kontroversi, terutama atas stereotip rasial dan pujian terhadap merokok.

AS dan Inggris telah menyensor beberapa episode termasuk stereotip rasial, sementara Boomerang di Inggris membuat beberapa suntingan karena sifat yang menonjol dari merokok. Sementara itu, Cartoon Network di Brasil menyensor dua episode yang dianggap "secara politis tidak benar" atas "masalah editorial dan kesesuaian isi dengan target audiens." (st/es)


latestnews

View Full Version