View Full Version
Ahad, 02 Jul 2017

Laporan: UEA Pindahkan Tersangka "Teror" dari Penjara Yaman ke Eritrea

ADEN, YAMAN (voa-islam.com) - Mantan tahanan dan pejabat Yaman telah mengatakan bahwa Uni Emirat Arab memindahkan para tersangka teror dari Yaman ke sebuah penjara rahasia di Eritrea.

Penjara di kota Assab di pantai Laut Merah adalah bagian dari jaringan regional di mana narapidana disiksa dan dianiaya, investigasi Associated Press and Human Rights Watch telah mengungkapkan.

Penyelidik HRW menghabiskan waktu enam bulan untuk mendokumentasikan dugaan pelanggaran terhadap para tahanan di Yaman.

Menurut peneliti HRW, Kristine Beckerle, UEA dan rekan Yaman menggunakan penjara tersebut untuk "para tersangka terorisme bernilai tinggi [yang] dituduh melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan upaya UEA melawan Al-Qaidah di Yaman".

Tim penelitinya menemukan bahwa beberapa tahanan dipindahkan ke Assab, di mana UEA memiliki pangkalan militer dan memiliki sejumlah tahanan yang tidak diketahui.

"Sama sekali tidak ada transparansi atau komunikasi baik dengan keluarga atau dengan pemantau independen," Beckerle mengatakan kepada Voice of America. "Kami memiliki sejumlah besar penjara yang tidak dimiliki oleh siapa pun, selain kekuatan yang menjalankan mereka dan tahanan yang ada di dalamnya."

HRW menilai bahwa UEA - yang telah memerangi Al-Qaidah di Yaman sejak tahun 2015 - telah terlibat dalam penyiksaan terhadap tahanan informal di Yaman dan Eritrea.

Pengawas hak mencatat kasus 49 orang, termasuk empat anak, yang ditahan atau secara paksa dihilangkan. HRW mengatakan 38 dari 49 orang ditangkap oleh pasukan yang didukung UEA.

Kerabat tahanan mengatakan kepada HRW bahwa penyiksaan itu melibatkan pukulan, instrumen logam, sengatan listrik, cambukan dan pelecehan seksual.

"UEA mendukung pasukan Yaman yang terlibat dalam banyak pelanggaran ini," kata Beckerle. "Dan UEA sendiri terlibat dalam kampanye penahanan ini, termasuk menjalankan beberapa fasilitas penahanan informal, dan memerintahkan penahanan orang-orang yang terus berlanjut meskipun ada perintah pelepasan, dan memindahkan orang-orang yang berpotensi keluar dari Yaman ke tempat penahanan yang berbeda."

Menteri Informasi Eritrea Yemane Gebremeskel menolak keras temuan HRW dan menyebut laporan tersebut "benar-benar salah".

Senator AS, bagaimanapun, telah memperhatikan tuduhan tersebut dan meminta penyelidikan atas kemungkinan keterlibatan Washington dalam penyiksaan di Yaman.

Mereka yang memimpin seruan untuk penyelidikan tersebut termasuk senator John McCain dari Arizona dan Jack Reed dari Rhode Island.

Operasi AS di Yaman melibatkan penyediaan dukungan logistik dan intelijen ke koalisi militer pimpinan-Saudi yang UEA yang merupakan bagian di dalamnya.

Menurut penyelidikan AP, personil AS terlibat dalam interogasi di Yaman, namun tidak ada bukti adanya penyiksaan yang dilaporkan.

Menanggapi tuduhan tersebut, pemerintah Yaman yang diakui secara internasional juga baru-baru ini mengumumkan pembentukan sebuah komite untuk menyelidiki tuduhan pelanggaran hak asasi manusia. (st/TNA)


latestnews

View Full Version