View Full Version
Selasa, 24 Sep 2019

Lebih dari 650 Ditangkap dari Seluruh Penjuru Mesir dalam Demonstrasi Anti-Sisi Terbaru

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Lebih dari 650 orang Mesir ditangkap dari seluruh penjuru di seluruh Mesir dalam gelombang demonstrasi terbaru terhadap Presiden Mesir Abdel-Fattah Al-Sisi, sumber-sumber hak asasi lokal melaporkan hari Senin (23/9/2019) . Sumber-sumber itu mengatakan kepada Arabi21 bahwa 300 tahanan sedang diadili di Mahkamah Agung, dan menambahkan bahwa 60 orang lainnya dipindahtugaskan untuk dipenjara sambil menunggu penyelidikan.

Pengacara terdakwa mengatakan bahwa pasukan keamanan telah menangkap aktivis Mesir dan pengacara hak asasi manusia, Mahienour El-Masry, bersama dengan beberapa wartawan lainnya, yang sedang diinterogasi oleh Mahkamah Agung negara tersebut.

Satu dari sepuluh pengacara menjelaskan bahwa sebagian besar tahanan adalah para pedagang kaki lima (PKL), yang kebetulan hadir di daerah di mana demonstrasi berlangsung.

Demonstrasi Jum'at lalu dipicu oleh kampanye online yang diluncurkan oleh seorang pengusaha Mesir yang tinggal di pengasingan di Spanyol. Video Mohamed Ali mengatakan korupsi yang meluas di pemerintahan dan mendesak orang untuk memprotes menjadi viral. Yang lain mengikuti Ali dan memposting video mereka, dengan wajah tertutup, menggambarkan pengalaman mereka sendiri tentang korupsi pemerintah.

Para perwira di militer Mesir juga telah dilaporkan menyerukan warga untuk turun ke jalan dan mengakhiri rezim Sisi.

Protes itu mendapat ancaman dari para pejabat. Pihak berwenang Mesir memulai tindakan keras mereka dengan menyensor beberapa situs media, termasuk BBC Arab, karena melaporkan berita tentang demonstrasi tersebut. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version