View Full Version
Rabu, 25 Sep 2019

1300 Orang Ditangkap Sejak Demo Anti-Sisi Terbaru Dimulai di Mesir Jum'at Lalu

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Setidaknya 1.300 orang Mesir telah ditahan sejak Jum'at karena Kairo melanjutkan tindakan kerasnya terhadap protes terhadap pemerintahan Presiden Abdel Fattah al-Sisi.

Pasukan keamanan Mesir pada Selasa malam menangkap Hazem Hosny, seorang profesor ilmu politik terkemuka di Universitas Kairo, di rumahnya di Giza.

Hosny sebelumnya bertindak sebagai penasihat Sami Annan, seorang mantan jenderal yang ditahan oleh militer Mesir pada 2018 hanya beberapa hari setelah mengumumkan niatnya untuk melawan Sisi dalam pemilihan presiden tahun itu.

Keluarga sesama ilmuwan politik Hassan Nafaa mengatakan mereka juga takut akan penangkapannya setelah kehilangan kontak dengan jam-jam akademik yang terang-terangan sebelum penahanan Hosny.

Kedua profesor telah berbicara mendukung protes di media sosial dalam beberapa hari terakhir.

Komite pertahanan untuk Hosny pada hari Rabu (25/9/2019) mendesak pembebasan profesor, mengutip kesehatannya yang buruk.

Hosny adalah di antara beberapa tokoh oposisi yang ditahan dalam beberapa hari terakhir ketika rezim Sisi bergerak untuk menindak perbedaan pendapat di tengah seruan untuk protes "sejuta orang" pada hari Jum'at.

Setidaknya 16 anggota oposisi Partai Kemerdekaan ditangkap pada hari Selasa.

Partai itu sebelumnya mengeluarkan seruan publik agar warga Mesir ikut serta dalam protes, yang meletus pada Jum'at pekan lalu di ibu kota Kairo dan kota-kota lain.

Ribuan demonstran dilaporkan turun ke jalan pada hari Jum'at dan Sabtu sebagai bagian dari gelombang pertikaian yang belum pernah terjadi sebelumnya - lebih mudah diungkapkan secara online - dipicu oleh tuduhan korupsi di pemerintahan dan militer Sisi.

Video yang diterbitkan oleh mantan kontraktor pemerintah Mohamed Ali menjadi viral awal bulan ini.

Orang dalam mantan rezim yang diasingkan itu mengatakan bahwa Sisi dan militer mengambil jutaan dolar dana publik untuk membangun beberapa villa mewah dan istana presiden yang besar.

Sebanyak 60 persen populasi Mesir hidup dalam kemiskinan.

Pasukan keamanan juga telah menahan wakil kepala partai Komunis dan Martabat.

Sekitar 1.300 orang telah ditahan sejauh ini sejak protes dimulai, menurut Pusat Hak Ekonomi dan Sosial Mesir.

Sementara Kairo telah meluncurkan pemadaman internet yang menargetkan situs media sosial, membatasi informasi yang tersedia bagi wartawan di luar negeri, penyebaran penangkapan yang dilaporkan di provinsi-provinsi di seluruh Mesir menunjukkan bahwa protes juga telah terjadi di luar kota-kota besar.

Lebih dari 300 tahanan telah muncul sejauh ini di depan pengadilan, semuanya dijatuhi hukuman 15 hari penjara masing-masing untuk diinterogasi mengenai partisipasi mereka dalam demonstrasi.

Di antara mereka yang dituntut pada hari Selasa adalah pengacara hak asasi manusia pemenang penghargaan Mahinour El-Massry, yang ditangkap pada hari Ahad setelah menghadiri penyelidikan beberapa dari mereka yang ditangkap selama demonstrasi.

Yang lain menemukan diri mereka ditangkap dengan tuduhan tambahan, termasuk keanggotaan dalam kelompok teroris - kemungkinan merujuk pada Ikhwanul Muslimin yang dilarang, yang media pemerintah Mesir telah tuduh mempengaruhi pengunjuk rasa.

Sumber-sumber yudisial mengatakan kepada The New Arab layanan bahasa Arab bahwa lebih dari 350 tahanan telah dibebaskan tanpa tuduhan dalam beberapa hari terakhir, tetapi ratusan lainnya belum muncul di pengadilan.

Sisi telah memerintahkan para jaksa penuntut dari departemen lain untuk bekerja di pengadilan Kejaksaan Tinggi Keamanan Negara ketika pemerintahnya berusaha untuk menangani protes, menandakan prospek kampanye penangkapan yang lebih luas, kata sumber. (st/TNA)


latestnews

View Full Version