View Full Version
Jum'at, 27 Sep 2019

Prancis Ingin Larang Para Ibu Berjilbab Antar Anak ke Sekolah

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Menteri Pendidikan Prancis telah menyalakan kembali perdebatan tentang pakaian dan sekularisme wanita setelah mengkritik poster asosiasi orang tua yang menunjukkan seorang ibu mengenakan jilbab.

Jean-Michel Blanquer menggambarkan pilihan seorang wanita berjilbab menemani seorang anak dalam perjalanan sekolah sebagai "kesalahan".

Menyertai gambar, yang dirilis oleh Kongres Federasi orang tua murid (FCPE), adalah kata-kata: "Ya, saya akan melakukan perjalanan sekolah, dan jadi apa? Sekularisme adalah tentang menyambut semua orang tua ke sekolah, tanpa pengecualian."

Poster itu menuai kritik di media sosial dari mereka yang tersinggung pada gambar ibu Muslim, di tengah perdebatan di Prancis tentang apakah mereka yang mengenakan jilbab harus diizinkan untuk menjadi sukarelawan sebagai pembantu untuk perjalanan sekolah.

Berbicara kepada BFMTV, Blanquer mengatakan bahwa memiliki ibu yang mengenakan jilbab dalam perjalanan sekolah adalah sesuatu yang dia ingin hindari "sebanyak mungkin".

"Dari sudut pandang hukum, tidak ada yang salah dengan seorang ibu mengenakan kerudung. Tapi itu bukan sesuatu yang ingin kami dorong," katanya.

Blanquer juga mengatakan bahwa kepala sekolah harus melakukan "dialog" dengan orang tua untuk meminta mereka melepas syal mereka.

Perselisihan itu merupakan yang terbaru di Prancis tentang pakaian yang dikenakan oleh wanita Muslim, yang oleh pendukung merek sekularisme Prancis dipandang sebagai hal yang bertentangan dengan etos negara.

Prancis - negara dengan populasi Muslim terbesar di Eropa - adalah negara Eropa pertama yang melarang cadar di ruang publik pada tahun 2011.

Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa menegakkan larangan tersebut pada tahun 2014, menolak argumen bahwa melarang cadar melanggar kebebasan beragama.

Awal tahun ini, peritel olahraga Prancis Decathlon dipaksa mundur dari rencana untuk menjual jilbab untuk para pelari di Prancis setelah mendapat kecaman. (st/TNA)


latestnews

View Full Version