View Full Version
Senin, 17 Oct 2022

Faksi-faksi Saingan Di Barat Laut Suriah Hentikan Pertempuran Setelah Capai Gencatan Senjata Awal

AFRIN, SURIAH (voa-islam.com) - Faksi-faksi bersenjata saingan di barat laut Suriah telah mencapai gencatan senjata awal dan perjanjian administrasi bersama setelah berhari-hari bentrokan mematikan yang meluas di antara mereka, sumber-sumber militer mengatakan kepada situs berbahasa Arab The New Arab.

Kelompok jihadis Hay'at Tahrir al-Sham (HTS) dan Korps Ketiga Tentara Nasional Suriah (SNA) yang didukung Turki mencapai kesepakatan pada Jum'at malam, sumber militer dari Korps Ketiga mengatakan kepada Al-Araby Al-Jadeed.

Perjanjian awal termasuk gencatan senjata dan kembalinya masing-masing faksi ke lokasi semula, kata sumber militer.

HTS – yang menguasai sebagian besar provinsi barat laut Suriah Idlib – dalam beberapa hari terakhir telah menguasai daerah-daerah yang dikuasai oleh Korps Ketiga di distrik Afrin dan Azaz di provinsi Aleppo, menyebabkan pertempuran sengit meletus dan keluarga-keluarga yang kehilangan tempat tinggal mengungsi.

Daerah di sekitar Afrin dan Azaz akan berada di bawah pemerintahan militer terpadu yang diawasi oleh HTS sebagai bagian dari kesepakatan, kata sumber itu.

Perjanjian tersebut juga menetapkan masuknya konvoi militer HTS di Azaz dan kota-kota lain, sebagai tanda simbolis untuk mendorong penerimaan kehadiran mereka di daerah tersebut, sumber dari Idlib mengatakan kepada Al-Araby Al-Jadeed.

Untuk memungkinkan konvoi bergerak, pasukan mulai membuka jalan antara Azaz dan Afrin yang telah ditutup karena bentrokan - tetapi warga sipil memprotes langkah tersebut dengan memblokir jalan dengan membakar ban, menurut rekaman yang diambil oleh outlet berita.

Kesepakatan itu tidak disambut oleh semua orang di Korps Ketiga, kata seorang sumber dari faksi tersebut.

Sekitar empat juta orang tinggal di daerah yang dikuasai oposisi di Suriah, banyak dari mereka mengungsi dari tempat lain di Suriah oleh perang yang dimulai pada 2011 setelah rezim teroris Bashar al-Assad menghancurkan protes damai.

Pemberontak Suriah terfragmentasi menjadi berbagai kelompok yang berbeda, dengan HTS, kelompok jihadis di mana sebelumnya salah satu faksi yang membentuknya pernah berafiliasi dengan Al-Qaidah, mendominasi sebagian besar provinsi Idlib, sementara kelompok yang didukung Turki mengendalikan Azaz, Al-Bab dan kota-kota lain di dekat Suriah- perbatasan Turki.

Baik HTS dan SNA telah dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Suriah utara, termasuk penembakan dan penculikan tanpa pandang bulu. (TNA)


latestnews

View Full Version