View Full Version
Selasa, 18 Oct 2022

Donald Trump Sebut Dirinya Presiden Amerika Serikat 'Terbaik' Untuk Israel Dan Yahudi

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Mantan Presiden AS Donald Trump memicu perdebatan di Israel dan di antara orang-orang Yahudi Amerika setelah dia mengkritik orang-orang Yahudi Amerika atas apa yang menurutnya tidak cukup memuji kebijakannya terhadap Israel.

Dia juga mendesak mereka untuk mendukungnya dalam pemilihan presiden berikutnya, menyatakan bahwa dia adalah presiden AS "terbaik" untuk Israel dan Yahudi.

“Tidak ada Presiden yang telah berbuat lebih banyak untuk Israel daripada yang saya lakukan,” tulis Trump di akun Truth Social-nya sebelum menambahkan bahwa agak mengejutkan bahwa “Umat Injili kita yang luar biasa jauh lebih menghargai ini daripada orang-orang beragama Yahudi, terutama mereka yang tinggal di Amerika Serikat."

“Mereka yang tinggal di Israel, bagaimanapun, adalah cerita yang berbeda,” kata Trump, menambahkan bahwa dia menerima “peringkat persetujuan tertinggi di dunia” di sana, dan melanjutkan dengan mengatakan dia bisa “dengan mudah” terpilih sebagai perdana menteri.

Trump kemudian meminta orang-orang Yahudi AS untuk bertindak bersama dan menghargai apa yang mereka miliki di Israel “sebelum terlambat!”

Beberapa organisasi Yahudi mengecam pernyataan Trump.

Kepala Liga Pencemaran Nama Baik Amerika Jonathan Greenblatt menuduh Trump melakukan “Jewsplaining.”

“Kami tidak membutuhkan mantan presiden, yang menyukai para ekstremis dan antisemit, untuk menceramahi kami tentang hubungan AS-Israel. Ini bukan tentang quid pro quo; itu bertumpu pada nilai-nilai bersama dan kepentingan keamanan. 'Jewsplaining' ini menghina dan menjijikkan," tulisnya.

“Dukungan untuk negara Yahudi tidak pernah memberikan satu lisensi untuk menceramahi orang Yahudi Amerika, juga tidak pernah memberikan hak untuk menarik penilaian tak berdasar tentang hubungan antara orang Yahudi AS dan Israel,” cuit Komite Yahudi Amerika. “Dan untuk lebih jelasnya, ikatan itu kuat dan bertahan lama.”

Dewan Demokratik Yahudi Amerika juga mengecam pernyataan Trump.

“Orang-orang Yahudi Amerika bertindak bersama pada tahun 2020, ketika 77% mendukung Biden. Ini tidak akan berubah karena orang Yahudi memandang Trump dan kandidat 'Make America Great Again' sebagai ancaman ekstremis terhadap keamanan, demokrasi, dan nilai-nilai kita, seperti yang dilambangkan oleh screed antisemit ini, ”tweet Halie Soifer, kepala Dewan Demokrat Yahudi Amerika. "Ini tidak ada hubungannya dengan Israel."

Politisi di Israel menahan diri untuk berkomentar secara eksplisit, tetapi media Israel melaporkan bahwa pernyataan Trump "memalukan bagi Israel."

Menurut surat kabar Haaretz, para pejabat Israel takut akan konsekuensi dari pernyataan negatif ini “karena itu mendorong pasukan yang memusuhi Israel dan Yahudi untuk membenarkan permusuhan mereka, mempromosikan boikot terhadap Israel dan melakukan serangan antisemitisme terhadap orang Yahudi.” (AA)


latestnews

View Full Version