View Full Version
Sabtu, 22 Oct 2022

Koin Emas Langka Era Umayyah Diperkirakan Akan Terjual 10,72 Miliar Rupiah Di Balai Lelang London

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Sebuah koin emas Islami langka yang akan dilelang di London pekan depan diperkirakan akan terjual lebih dari £700.000 (-+Rp 10,72 miliar), kata rumah lelang yang menjual barang tersebut.

Koin dinar emas berasal dari tahun 712 M, pertengahan era Umayyah, kata Classical Numismatic Group dalam siaran persnya.

Meskipun koin dari era Umayyah mulai dijual, ini adalah pertama kalinya koin dari kalender Islam tahun 93 H akan dilelang, kata CMG.

Koin ini juga langka karena memiliki ukiran bertuliskan 'Milik Amirul Mukminin'.

"Dinar Umayyah yang luar biasa dengan tanda 'Milik Amirul Mukminin' yang penuh teka-teki ini adalah dokumen sejarah yang kecil, indah, dan sangat langka," kata spesialis koin Islam CMG Stephen Lloyd.

"Mereka menjadi saksi saat emas Arab membantu seorang khalifah Umayyah membangun kembali beberapa situs paling suci dan paling penting di dunia Islam."

'Amirul Mukminin' adalah gelar resmi khalifah, penguasa dunia Muslim.

Khalifah yang dimaksud pada koin tersebut adalah Al-Walid I, khalifah Umayyah keenam yang memimpin pasukan yang menaklukkan sebagian Spanyol dan Afrika Utara, serta Asia Selatan dan Tengah.

Kekayaan yang diperoleh dari penaklukan tersebut membiayai pembangunan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjid Umayyah di Damaskus. (TNA)


latestnews

View Full Version