View Full Version
Senin, 24 Oct 2022

Intelijen Turki Tangkap 9 Anggota Islamic State Di Kota Al-Bab Suriah Utara

AL-BAB, SURIAH (voa-islamcom) - Sembilan anggota Islamic State (IS), termasuk empat pemimpin kelompok tersebut, ditangkap di al-Bab, Suriah utara, sebuah daerah dekat perbatasan selatan Turki, kata Kementerian Dalam Negeri Turki, Ahad (23/10/2022), lapor Anadolu Agency.

Pekerjaan intelijen oleh Komando Penasihat Gendarmerie Gugus Tugas Suriah di bawah tindak lanjut dan koordinasi Komando Gendarmerie Provinsi Gaziantep menemukan bahwa unit Islamic State di Suriah telah memberikan pelatihan kepada anggota kelompok tersebut dalam pemboman jibaku, sabotase, serangan, bahan peledak buatan tangan (IED), pembunuhan, dan intelijen dan bahwa para anggota IS itu ingin menyerang al-Bab dan Turki, kata sebuah pernyataan kementerian.

Selama operasi pada hari Sabtu, sembilan tanggota Islamic State, termasuk pemimpin kelompok pembunuhan/eksekusi dan juga asisten wilayah Suriah/Damaskus/Maddava, dengan nama sandi Abu Mushap, ditahan, bersama dengan dua pengawas logistik dan pengawas urusan keuangan.

Sejumlah besar materi digital disita selama penggeledahan di kediaman para teroris, yang ditangkap oleh pengadilan setempat tempat mereka dirujuk.

Al-Bab, dibersihkan dari kelompok Islamic State lima tahun lalu melalui Operasi Perisai Efrat Turki, menjadi tempat yang penampungan bagi 400.000 warga sipil meskipun serangan kelompok teroris YPG/PKK meningkat, tetapi teroris kadang-kadang mencoba menyusup ke daerah itu.

Sejalan dengan Pasal 51 Piagam PBB, Turki meluncurkan Operasi Perisai Efrat pada tahun 2016 di al-Bab melintasi perbatasannya ke Suriah utara untuk mencegah pembentukan koridor teror dan memungkinkan penyelesaian damai penduduk.

Al-Bab dibebaskan dari kelompok teror Daesh enam bulan setelah operasi. (MeMo)


latestnews

View Full Version