View Full Version
Sabtu, 29 Oct 2022

Australia Pulangkan 4 Wanita dan 13 Anak-anak Keluarga Pejuang Islamic State Dari Kamp Al-Roj Suriah

CANBERRA, AUSTRALIA (voa-islam.com) - Pemerintah Australia telah memulangkan empat wanita Australia dan 13 anak mereka dari sebuah kamp pengungsi Suriah, Menteri Dalam Negeri Clare O'Neil mengatakan pada hari Sabtu (29/10/2022) dalam memulai kembali program kontroversial.

Pemulangan ke negara bagian New South Wales, yang dikritik oleh oposisi Liberal-Nasional, adalah bagian dari membawa kembali puluhan perempuan dan anak-anak Australia dari Suriah yang merupakan kerabat pejuang yang tewas atau dipenjara dari kelompok yang disebut Islamic State.

Australia memulangkan delapan anak dan cucu dari dua pejuang IS yang tewas dari sebuah kamp pengungsi Suriah pada 2019 tetapi telah menunda pemulangan yang lain sampai sekarang.

"Keputusan untuk memulangkan wanita-wanita ini dan anak-anak mereka diinformasikan oleh penilaian individu setelah pekerjaan rinci oleh badan keamanan nasional," kata O'Neil dalam sebuah pernyataan.

Para wanita dan anak-anak itu meninggalkan kamp pengungsi al-Roj di Suriah utara pada Kamis sore dan menyeberang ke Irak untuk naik pesawat pulang, Sydney Morning Herald dan penyiaran negara ABC melaporkan pada hari Jum'at.

Fokus pemerintah yang dipimpin Partai Buruh adalah pada keselamatan dan keamanan "semua warga Australia" dan mereka yang terlibat dalam repatriasi, kata O'Neil, seraya menambahkan bahwa pemerintah telah "dengan hati-hati mempertimbangkan berbagai faktor keamanan, masyarakat, dan kesejahteraan dalam membuat keputusan untuk dipulangkan".

Pemulangan itu mengikuti langkah serupa oleh Amerika Serikat, Italia, Jerman, Prancis, Belanda, Belgia, Inggris, dan Kanada, kata O'Neil.

Dia mengatakan tuduhan aktivitas ilegal akan terus diselidiki oleh otoritas penegak hukum negara bagian dan federal. Media lokal sebelumnya melaporkan beberapa wanita mungkin didakwa dengan pelanggaran terorisme atau karena memasuki Suriah secara ilegal.

"Setiap pelanggaran yang teridentifikasi dapat menyebabkan tindakan penegakan hukum diambil," kata O'Neil, menambahkan bahwa New South Wales menyediakan "layanan dukungan ekstensif" untuk membantu kelompok itu berintegrasi kembali ke Australia.

Pemimpin Oposisi Peter Dutton mengklaim langkah itu bukan demi kepentingan terbaik negara itu, dengan mengatakan para wanita itu telah bercampur dengan "orang-orang yang membenci negara kita, membenci cara hidup kita."

Perdana Menteri Anthony Albanese mengatakan kepada wartawan bahwa dia tidak akan membahas rincian kasus kelompok itu tetapi mengatakan dia mengikuti saran keamanan nasional.

"Pemerintah Australia akan selalu bekerja untuk memastikan bahwa orang-orang tetap aman di sini di Australia, itu adalah prioritas kami," katanya, menurut transkrip resmi sambutannya di Griffith, di kawasan New South Wales. (TNA)


latestnews

View Full Version