View Full Version
Senin, 13 Feb 2023

Turki Tangkap Para Kontraktor Bangunan 'Nakal' 6 Hari Pasca Gempa Bumi

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Ketika tim penyelamat masih menarik beberapa orang yang beruntung dari reruntuhan enam hari setelah dua gempa bumi menghancurkan Turki tenggara dan Suriah utara, pejabat Turki menahan atau mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk sekitar 130 orang kontraktor 'nakal' yang diduga terlibat dalam pembangunan gedung yang roboh dan menghancurkan penghuninya.

Korban tewas akibat gempa Senin mencapai 29.605 - dengan lebih dari 80.000 lainnya terluka - pada Ahad pagi dan pasti akan meningkat karena mayat terus bermunculan.

Karena keputusasaan juga menimbulkan kemarahan atas upaya penyelamatan yang sangat lamban, fokus beralih ke siapa yang harus disalahkan karena tidak mempersiapkan orang-orang dengan lebih baik di wilayah rawan gempa yang mencakup wilayah Suriah yang sudah menderita akibat perang saudara selama bertahun-tahun.

Meskipun Turki, di atas kertas, memiliki kode konstruksi yang memenuhi standar rekayasa gempa saat ini, aturan itu terlalu jarang ditegakkan, menjelaskan mengapa ribuan bangunan runtuh ke sisinya atau runtuh menimpa penduduk.

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan pada Sabtu malam bahwa surat perintah telah dikeluarkan untuk penahanan 131 orang yang diduga bertanggung jawab atas bangunan yang runtuh.

Menteri Kehakiman Turki telah berjanji untuk menghukum siapa pun yang bertanggung jawab, dan jaksa penuntut telah mulai mengumpulkan sampel bangunan untuk bukti bahan yang digunakan dalam konstruksi. Gempa tersebut kuat, tetapi para korban, pakar, dan orang-orang di seluruh Turki menyalahkan konstruksi yang buruk karena memperbanyak kehancuran.

Pihak berwenang menangkap dua orang di provinsi Gaziantep pada hari Ahad yang diduga telah memotong kolom untuk menambah ruang di sebuah bangunan yang runtuh, kata Anadolu Agency milik pemerintah.

Sehari sebelumnya, Kementerian Kehakiman Turki mengumumkan rencana pendirian biro "Investigasi Kejahatan Gempa Bumi". Biro akan bertujuan untuk mengidentifikasi kontraktor dan orang lain yang bertanggung jawab untuk pekerjaan pembangunan, mengumpulkan bukti, menginstruksikan para ahli termasuk arsitek, ahli geologi dan insinyur, dan memeriksa izin bangunan dan izin pekerjaan.

Seorang kontraktor bangunan ditahan oleh pihak berwenang pada hari Jum'at di bandara Istanbul sebelum dia dapat terbang ke luar negeri. Dia adalah kontraktor sebuah bangunan mewah berlantai 12 di kota bersejarah Antakya, di provinsi Hatay, yang keruntuhannya menyebabkan kematian yang tak terhitung jumlahnya.

Penahanan tersebut dapat membantu mengarahkan kemarahan publik terhadap develover dan kontraktor, mengalihkan perhatian dari pejabat lokal dan negara bagian yang membiarkan konstruksi yang tampaknya di bawah standar terus berjalan. Pemerintah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang sudah dibebani oleh penurunan ekonomi dan inflasi yang tinggi, akan menghadapi pemilihan parlemen dan presiden pada bulan Mei.

Para penyintas, banyak di antaranya kehilangan orang yang dicintai, telah mengalihkan rasa frustrasi dan kemarahan mereka juga kepada pihak berwenang. Tim penyelamat telah kewalahan oleh kerusakan luas yang berdampak pada jalan dan bandara, membuatnya semakin sulit untuk berpacu dengan waktu.

Erdogan mengakui awal pekan ini bahwa tanggapan awal terhambat oleh kerusakan yang luas. Dia mengatakan daerah yang paling parah terkena dampak berdiameter 500 kilometer dan merupakan rumah bagi 13,5 juta orang di Turki. Selama tur ke kota-kota yang rusak akibat gempa pada Sabtu, Erdogan mengatakan bencana dengan skala seperti ini jarang terjadi, dan sekali lagi menyebutnya sebagai "bencana abad ini".

Tim penyelamat, termasuk kru dari negara lain, terus menyelidiki puing-puing dengan harapan menemukan korban selamat tambahan yang masih bisa mengatasi peluang yang semakin sempit. Kamera termal digunakan untuk menyelidiki tumpukan beton dan logam, sementara tim penyelamat menuntut kesunyian agar mereka dapat mendengar suara orang-orang yang terperangkap.

Seorang anak laki-laki berusia 6 tahun dikeluarkan dari puing-puing rumahnya di kota Adiyaman pada hari Ahad, 151 jam setelah gempa. Penyelamatan itu disiarkan langsung oleh televisi HaberTurk, memperlihatkan anak itu terbungkus selimut termal dan dimasukkan ke dalam ambulans. Seorang penyelamat yang kelelahan melepas masker bedahnya dan menarik napas dalam-dalam ketika sekelompok wanita terdengar menangis kegirangan.

Menteri Kesehatan Turki, Fahrettin Koca, memposting video seorang gadis muda dengan jumper biru tua yang diselamatkan. “Kabar baik pada jam ke-150. Diselamatkan beberapa saat yang lalu oleh kru. Selalu ada harapan!" dia men-tweet.

Upaya tim penyelamat Italia dan Turki juga membuahkan hasil ketika mereka mengeluarkan seorang pria berusia 35 tahun dari reruntuhan di kota Antakya yang terpukul parah. Pria itu, Mustafa Sarigul, tampak tidak terluka saat diangkut dengan tandu ke ambulans, 149 jam setelah gempa pertama, lapor televisi swasta NTV.

Semalam, seorang anak juga diselamatkan di kota Nizip, di Gaziantep, Anadolu Agency yang dikelola pemerintah melaporkan, sementara seorang wanita 32 tahun, diselamatkan dari reruntuhan gedung delapan lantai di kota Antakya. Wanita itu, seorang guru bernama Meltem, meminta teh segera setelah dia muncul, menurut NTV.

Di Kahramanmaras, dekat episentrum gempa 7,8 SR pertama yang melanda Senin pagi, upaya sedang dilakukan untuk menjangkau korban selamat yang terdeteksi oleh anjing pelacak di bawah gedung tujuh lantai yang sekarang sudah dibongkar, lapor NTV.

Namun, mereka yang ditemukan hidup tetap merupakan pengecualian yang langka.

Sebuah kuburan darurat besar sedang dibangun di pinggiran Antakya pada hari Sabtu. Backhoe dan buldoser menggali lubang di lapangan saat truk dan ambulans sarat dengan kantong mayat hitam tiba terus menerus. Ratusan kuburan, berjarak tidak lebih dari 3 kaki (satu meter), ditandai dengan papan kayu sederhana yang dipasang vertikal di tanah.

Sementara itu korban tewas di wilayah barat laut Suriah yang dikuasai pemberontak telah mencapai 2.166, menurut kelompok pekerja penyelamat White Helmets. Jumlah kematian keseluruhan di Suriah mencapai 3.553 pada hari Sabtu, meskipun 1.387 kematian yang dilaporkan untuk bagian negara yang dikuasai pemerintah belum diperbarui dalam beberapa hari. (TNA)


latestnews

View Full Version