View Full Version
Selasa, 14 Feb 2023

Kerusakan Finansial Akibat Gempa Bumi Di Turki Diperkirakan Capai Rp 1275 Trilyun

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Gempa kembar yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 35.000 orang di Turki dan menghancurkan ribuan bangunan dapat menelan biaya hingga $84,1 miliar (-+Rp 1275 trilyun) - atau sekitar 10 persen dari PDB negara itu, kata sebuah kelompok bisnis Turki.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada akhir pekan, Konfederasi Perusahaan dan Bisnis Turki memperkirakan kerugian finansial sebesar $70,75 miliar akan berupa kerugian perumahan, $10,4 miliar dari hilangnya pendapatan nasional, dan $2,91 miliar dalam hari kerja yang hilang.

Gempa kembar yang tercatat berkekuatan 7,8 dan 7,5 itu merusak 10 provinsi di Turki barat daya, yang merupakan rumah bagi lebih dari 10 juta orang, bersama dengan barat laut Suriah.

Sementara puluhan ribu petugas penyelamat terus menjelajahi lingkungan yang rata dengan tanah, upaya tanggapan telah mulai bergeser untuk mengatasi akibat yang mematikan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah berjanji untuk membangun kembali daerah yang terkena gempa mematikan dalam waktu satu tahun.

Total biaya tidak mungkin diketahui untuk beberapa waktu, tetapi menurut Ferid Belhaj, wakil presiden Bank Dunia untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, rekonstruksi di seluruh Turki dan Suriah diperkirakan “dalam miliaran dolar”.

Gempa bumi Izmit tahun 1999 yang menewaskan lebih dari 17.000 orang mengakibatkan kerugian sebesar $51,1 miliar (-+Rp 775 trilyun).

Luasnya kerugian perumahan finansial terjadi ketika perdebatan muncul di Turki tentang peran pemerintah dalam memastikan apakah standar bangunan dipatuhi di negara yang rawan gempa itu.

Beberapa kritikus juga memusatkan perhatian mereka pada pengelolaan pajak gempa bumi yang dikenakan Erdogan setelah gempa 1999 yang dimaksudkan untuk mencadangkan miliaran dolar untuk krisis serupa di masa depan.

Turki juga mulai mengincar sejumlah pengembang yang dituduh melanggar peraturan bangunan. Hingga hari Ahad, 113 surat perintah penangkapan telah dikeluarkan.

Pemilik Renaissance Residence, sebuah kompleks apartemen yang hancur akibat gempa di provinsi Hatay tenggara Turki, ditahan di bandara Istanbul pada Jum'at saat mencoba melarikan diri ke Montenegro.

Kompleks Renaisans 12 lantai, terdiri dari 250 apartemen di distrik Antakya Hatay, telah diiklankan sebagai proyek hunian mewah yang mematuhi peraturan bangunan. Itu benar-benar dihancurkan oleh gempa.

Gempa terjadi saat Turki bergulat dengan krisis ekonomi yang didorong oleh inflasi yang merajalela. Sementara daerah yang dilanda bencana menghadapi tantangan berat, beberapa orang memperkirakan rekonstruksi dapat meningkatkan ekonomi Turki.

Berbicara di forum keuangan Arab pada hari Ahad, direktur eksekutif IMF Mahmoud Mohieldin mengatakan gempa baru-baru ini tidak mungkin berdampak pada PDB Turki ke tingkat yang sama dengan gempa Izmit 1999 yang melanda jantung ekonomi negara yang lebih dekat ke Istanbul.

“Turki, Anda tahu, telah terbukti tangguh selama bertahun-tahun terakhir. Mereka mengalami pasang surut dan mereka mampu mengelolanya,” kata Belhaj, wakil presiden Bank Dunia untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, dalam sebuah wawancara dengan CNBC pada hari Senin.

Selain situasi kemanusiaan yang mengerikan di tenggara, para ekonom dan pejabat masih memperkirakan PDB Turki bisa turun dua persen tahun ini akibat gempa. Sebelum gempa, Ankara memperkirakan pertumbuhan sebesar 5,5 persen pada 2023. (MEE)


latestnews

View Full Version